Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 19:12 WIB | Senin, 03 April 2023

Seniman Tato Juga Disebut Orang Tertua Tampil di Sampul Majalah

Apo Whang-Od di sampul majalah “Vogue” Filipina. (Foto: dok. Ist)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Seorang seniman tato berusia 106 tahun yang ditampilkan dalam edisi bulan April majalan “Vogue” Filipina adalah orang tertua yang pernah muncul di sampul majalah tersebut.

Apo Whang-Od juga diyakini sebagai penato tradisional Kalinga tertua, yang dikenal sebagai mambabatok, di Filipina, menurut laporan CNN.

“Disebutkan sebagai mambabatok terakhir dari generasinya, dia telah menanamkan simbol suku Kalinga, yang menandakan kekuatan, keberanian, dan kecantikan, pada kulit ribuan orang yang telah berziarah ke Buscalan,” tulis “Vogue” Filipina di posting Instagram yang mengungkapkan sampul baru.

Setelah dihargai oleh pejuang pribumi yang melindungi desa setempat, tato itu dibuat dengan tangan dan menggunakan batang bambu, duri dari pohon pomelo, air dan batu bara.

Whang-Od, yang tinggal di desa pegunungan Buscalan, utara Manila, mempelajari seni tato dengan tangan dari ayahnya selama masa remajanya.

Saat ini, turis yang mencari desain geometris khas Whang-Od merupakan sebagian besar pelanggannya. Seni tradisional ini diwariskan hanya kepada saudara sedarah, dan Whang Od telah mendidik kedua cucunya selama bertahun-tahun.

“Tradisi akan berlanjut selama orang terus datang untuk membuat tato,” katanya kepada CNN pada 2017, menambahkan bahwa dia akan bertahan sampai penglihatannya kabur.

“Kami merasa dia mewakili cita-cita kami tentang apa yang indah tentang budaya Filipina kami,” kata Bea Valdes, pemimpin redaksi “Vogue” Filipina.

Staf di publikasi sangat setuju bahwa Whang-Od harus masuk sampul April, tambahnya. “Kami percaya bahwa konsep kecantikan perlu berkembang, dan mencakup wajah dan bentuk yang beragam dan inklusif. Yang ingin kami bicarakan adalah keindahan kemanusiaan,” kata Valdes.

Bintang tertua tampil di sampul majalah sebelumnya adalah aktris Inggris Judi Dench, yang tampil di “Vogue” Inggris pada tahun 2020 pada usia 85 tahun. (dengan Arab News)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home