Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 23:50 WIB | Sabtu, 12 September 2015

Senin Ini Perempuan Kristen Penentang Pernikahan Gay Bekerja Kembali

Kim Davis (Foto: Ty Wright)

KENTUCKY, SATUHARAPAN.COM - Kim Davis, perempuan Kristen yang dipenjara karena menolak menerbitkan surat pernikahan pasangan sesama jenis,  akhirnya dibebaskan setelah menjalani hukuman selama enam hari. Hari Senin mendatang (14/9) ia akan bekerja kembali sebagai pejabat  Rowan County, Kentucky, dan publik menebak-nebak apa yang akan dilakukannya pada hari pertama dia bekerja.

Davis telah absen dari pekerjaan sejak dia dibebaskan pada hari Selasa (8/9) setelah hakim memerintahkannya untuk dihukum setelah menolak  mengeluarkan surat nikah pasangan sesama jenis karena menurutnya, bertentangan dengan keyakinan agamanya, Kristen Apostolik.

Baik pendukungnya  maupun penentangnya, seperti dilaporkan oleh Reuters,  bertanya-tanya apa yang akan dilakukannya pada hari Senin, dan apakah ia akan bertahan pada pendiriannya untuk menolak menerbitkan surat nikah pasangan sesama jenis yang kemungkinan akan membawanya kembali ke penjara.

Hakim distrik telah memerintahkannya untuk tidak mengganggu lima deputinya yang telah setuju  mengeluarkan surat nikah untuk pasangan gay.

Sebelum Davis menjadi titik perhatian kaum konservatif dan perdebatan pernikahan gay di Amerika Serikat, kota kecil Rowan yang terselip 7.000  kaki bukit Appalachian, lebih dikenal sebagai kota tempat Morehead State University dengan 11.000 mahasiswa.

Sepanjang jalan  menuju kota, terletak pemukiman penduduk, dimana masyarakat bergaul dengan bebas termasuk  komunitas gay. Jessalyn Fulton, mahasiswa tahun kedua, mengatakan  dia bertemu Davis awal pekan ini setelah ia mendatangi Taco Bell di mana dia bekerja. Davis datang dengan dikawal orang bersenjata ketika memesan makanan.

Di masa lalu, kota dan universitas yang lebih liberal itu telah hidup bersama dengan perbedaan yang ada.

Pada tahun 2013, dewan kota menyetujui Peraturan Keadilan yang memperluas perlindungan terhadap kaum gay, biseksual dan transgender untuk mendapatkan pekerjaan dan perumahan. Peraturan itu diterbitkan setelah beberapa siswa gay dan lesbian siswa ditolak di luar perumahan kampus, menurut juru bicara Rowan County Rights Coalition.

Tapi keretakan mulai tampak dalam hubungan yang telah dibangun selama bertahun-tahun. Beberapa pemilik usaha di Morehead menolak untuk membahas masalah ini karena takut mengganggu kedua sisi yang bertentangan

Sehari setelah Davis dipenjara, suaminya Joe menyerukan boikot terhadap universitas karena pelukan nya dari kaum gay dan lesbian.

Presiden Morehead State University,  Wayne Andrews, mengatakan pejabat terpilih harus mematuhi hukum dan melakukan pekerjaan mereka.

Sementara itu Robert Littlepage, seorang pensiunan yang pindah ke kota ini sekitar 10 tahun yang lalu, mengatakan ia dan sebagian besar teman-temannya di kota ini bertanya-tanya apakah ada solusi yang lebih baik.

"Seharusnya ada akomodasi yang memuaskan kedua belah pihak, daripada menempatkan semuanya pada dirinya," katanya. Maksudnya adalah  kemungkinan untuk memindahkan otoritas menerbitkan surat nikah dari Kim Davis kepada seorang hakim atau instansi negara.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home