Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 00:43 WIB | Rabu, 30 November 2022

Sensus: Inggris Kurang Religius, Makin Banyak Mengaku Tak Beragama

Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, mendengarkan debat di Sinode Umum di London, pada 13 Februari 2017. Kurang dari setengah orang di Inggris dan Wales menganggap diri mereka Kristen, menurut sensus terbaru. Ini pertama kali agama resmi negara diikuti oleh sebagian kecil masyarakat. Angka dari sensus 2021 yang dirilis Selasa, 29 November 2022, oleh Kantor Statistik Nasional mengungkapkan bahwa Inggris menjadi kurang religius, dan kurang berkulit putih, dalam satu dekade sejak sensus terakhir pada 2011. (Foto: dok. AP/Alastair Grant)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Kurang dari setengah jumlah orang di Inggris dan Wales menganggap diri mereka Kristen, menurut sensus terbaru. Ini pertama kali agama resmi negara itu diikuti oleh kelompok minoritas populasi.

Inggris menjadi kurang religious, dan kurang berkulit putih, dalam satu dekade sejak sensus terakhir, angka dari sensus 2021 yang dirilis hari Selasa (29/11) oleh Kantor Statistik Nasional mengungkapkan itu.

Sekitar 46,2% populasi Inggris dan Wales menggambarkan diri mereka sebagai orang Kristen pada hari sensus tahun 2021, turun dari 59,3% satu dekade sebelumnya. Populasi Muslim tumbuh dari 4,9% menjadi 6,5% dari populasi, sementara 1,7% diidentifikasi sebagai Hindu, naik dari 1,5%.

Lebih dari 1 dari 3 orang, 37%, mengatakan bahwa mereka tidak beragama, naik dari 25% pada tahun 2011.

Bagian lain dari Inggris Raya, Skotlandia dan Irlandia Utara, melaporkan hasil sensus mereka secara terpisah.

Para pegiat sekularisme mengatakan pergeseran itu harus memicu pemikiran ulang tentang cara agama mengakar dalam masyarakat Inggris. Inggris memiliki sekolah Gereja Inggris yang didanai negara, uskup Anglikan duduk di majelis tinggi Parlemen, dan raja adalah "pembela iman" dan gubernur tertinggi gereja.

Andrew Copson, kepala eksekutif badan amal Humanis Inggris, mengatakan "pertumbuhan dramatis non religius" telah menjadikan Inggris "hampir pasti salah satu negara paling tidak religius di Bumi."

“Salah satu hal yang paling mencolok tentang hasil ini adalah betapa berselisihnya populasi dengan negara bagian itu sendiri,” katanya. “Tidak ada negara di Eropa yang memiliki tatanan agama seperti yang kami lakukan dalam hal hukum dan kebijakan publik, sementara pada saat yang sama memiliki populasi non agama seperti itu.”

Uskup Agung York, Stephen Cottrell, salah satu klerus paling senior di Gereja Inggris, mengatakan data itu “bukan kejutan besar,” tetapi merupakan tantangan bagi orang Kristen untuk bekerja lebih keras untuk mempromosikan iman mereka.

“Kita telah meninggalkan era ketika banyak orang hampir secara otomatis diidentifikasi sebagai orang Kristen, tetapi survei lain secara konsisten menunjukkan bagaimana orang yang sama masih mencari kebenaran dan kebijaksanaan spiritual dan seperangkat nilai untuk hidup,” katanya.

Hampir 82% orang di Inggris dan Wales diidentifikasi sebagai orang kulit putih dalam sensus, turun dari 86% pada tahun 2011. Sekitar 9% mengatakan bahwa mereka adalah orang Asia, 4% Hitam, dan 3% dari latar belakang etnis "campuran atau ganda", sementara 2% mengidentifikasi dengan kelompok etnis lain. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home