Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 04:05 WIB | Rabu, 14 Desember 2022

Jin, Anggota K-Pop BTS Memulai Wajib Militer 18 Bulan

Jin, Anggota K-Pop BTS Memulai Wajib Militer 18 Bulan
Foto di8 Weverse, Jin dari band K-pop BTS memamerkan potongan rambut yang baru saja dicukur di platform media sosial K-pop Weverse, yang diunggah pada Minggu, 11 Desember 2022, menjelang wajib militernya yang akan datang. (Foto: Weverse via AP)
Jin, Anggota K-Pop BTS Memulai Wajib Militer 18 Bulan
Seorang penggemar menunggu Jin anggota band K-pop BTS tiba sebelum ia masuk wajib militer untuk bertugas di dekat pusat pelatihan tentara di Yeoncheon, Korea Selatan, Selasa, 13 Desember 2022. (Foto: AP/Ahn Young-joon)

YEONCHEON, SATUHARAPAN.COM- Jin, anggota tertua dari supergrup K-pop BTS, memulai wajib militernya selama 18 bulan di kamp pelatihan garis depan Korea Selatan pada hari Selasa (13/12) ketika para penggemar berkumpul di dekat pangkalan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada bintang mereka.

Enam anggota BTS yang lebih muda lainnya akan bergabung dengan militer di tahun-tahun mendatang satu demi satu, yang berarti bahwa boy band terbesar di dunia itu harus absen, kemungkinan selama beberapa tahun.

Pendaftaran mereka telah memicu perdebatan sengit di dalam negeri tentang apakah sudah waktunya untuk merevisi sistem wajib militer negara untuk memperluas pengecualian untuk memasukkan penghibur terkemuka seperti BTS, atau tidak memberikan keuntungan seperti itu kepada siapa pun.

Dengan perdebatan anggota parlemen di Parlemen dan survei yang menunjukkan opini publik yang terpecah tajam karena menawarkan pengecualian kepada anggota BTS, agensi manajemen mereka mengatakan pada bulan Oktober bahwa semua anggota BTS akan melakukan tugas wajib militer mereka.

Big Hit Music mengatakan bahwa perusahaan dan anggota BTS "menantikan untuk berkumpul kembali sebagai grup lagi sekitar tahun 2025 mengikuti komitmen layanan mereka."

Jin, yang berusia 30 tahun awal bulan ini, memasuki kamp pelatihan di Yeoncheon, sebuah kota dekat perbatasan yang tegang dengan Korea Utara, selama lima pekan pelatihan dasar militer bersama dengan prajurit wajib militer baru lainnya, kata Kementerian Pertahanan.

Setelah pelatihan yang melibatkan latihan menembak senapan, melempar granat, dan berbaris, dia dan wajib militer lainnya akan ditugaskan ke unit tentara di seluruh negeri.

Sekitar 20-30 penggemar, beberapa memegang foto Jin, dan puluhan jurnalis berkumpul di dekat kamp. Tapi Jin tidak menemui mereka karena kendaraan yang membawanya pindah ke kamp pelatihan tanpa mengeluarkannya.

“Saya ingin menunggu (untuk) Jin dan melihatnya pergi ke militer dan mendoakan yang terbaik untuknya,” kata Mandy Lee dari Hong Kong sebelum Jin masuk ke kamp.

“Sebenarnya ini rumit. Aku ingin sedih. Saya ingin bahagia untuknya,” kata Angelina dari Indonesia. "Perasaan campur aduk. Dia harus mengabdi (untuk) negaranya.”

Beberapa lusin penggemar dapat dilihat sebagai jumlah kecil mengingat popularitas besar Jin. Tapi Jin dan agensinya sebelumnya telah meminta penggemar untuk tidak mengunjungi situs tersebut dan memberi tahu mereka bahwa tidak akan ada acara khusus yang melibatkan penyanyi tersebut, untuk mencegah masalah yang disebabkan oleh keramaian.

Pihak berwenang masih mengerahkan 300 petugas polisi, tentara, pekerja darurat dan lainnya untuk menjaga ketertiban dan menjaga dari kecelakaan, menurut tentara. Langkah-langkah keamanan yang ketat diharapkan karena Korea Selatan masih belum pulih dari kehancuran acara Halloween pada bulan Oktober di Seoul yang menewaskan 158 orang.

Beberapa jam sebelum memasuki kamp, ​​Jin, yang nama aslinya adalah Kim Seok-jin, menulis di platform penggemar online Weverse bahwa "Saatnya untuk panggilan tirai." Dia memposting foto dirinya hari Minggu (11/12) dengan potongan militer dan pesan yang mengatakan, “Ha ha ha. Ini lebih manis dari yang saya duga.”

Secara hukum, semua pria Korea Selatan yang berbadan sehat harus bertugas di militer selama 18-21 bulan di bawah sistem wajib militer yang dibuat untuk menghadapi ancaman dari Korea Utara. Namun undang-undang tersebut memberikan pengecualian khusus bagi para atlit, pemusik klasik dan tradisional, serta penari balet dan penari lainnya jika mereka telah memenangkan hadiah utama dalam kompetisi tertentu dan meningkatkan prestise nasional.

Bintang K-pop dan penghibur lainnya tidak diberikan pengecualian seperti itu bahkan jika mereka mendapatkan ketenaran di seluruh dunia dan memenangkan penghargaan internasional yang besar.

“Meskipun anggota BTS telah memilih untuk pergi ke militer, masih ada semacam penyesalan,” kata Jung Duk-hyun, seorang komentator budaya pop. “Mereka yang berada di sektor budaya pop mengalami sedikit kerugian dan ketidakadilan, dibandingkan dengan mereka yang berada di sektor seni murni atau atlet. Ini kemungkinan akan terus menjadi masalah kontroversi, jadi saya bertanya-tanya apakah ini harus didiskusikan terus-menerus.”

Pengecualian atau Penghindaran

Pengecualian atau penghindaran tugas adalah masalah yang sangat sensitif di Korea Selatan, di mana wajib militer memaksa para pemuda untuk menangguhkan studi atau karier profesional mereka. Menteri Pertahanan, Lee Jong-sup, dan Lee Ki Sik, kepala kantor pendaftaran Korea Selatan, sebelumnya mengatakan akan "diinginkan" bagi anggota BTS untuk memenuhi tugas militer mereka guna memastikan keadilan dalam dinas militer negara tersebut.

Chun In-bum, seorang pensiunan letnan jenderal yang memimpin pasukan khusus Korea Selatan, mengatakan pemerintah harus bergerak untuk mencabut pengecualian apa pun karena kelompok perekrutan militer yang menyusut adalah masalah "sangat serius" di tengah tingkat kesuburan negara yang menurun. Dia menyebut perdebatan tentang wajib militer BTS "tidak perlu" karena tidak diajukan oleh anggota BTS, yang telah menunjukkan kemauan dalam menjalankan tugas mereka.

BTS didirikan pada tahun 2013 dan memiliki banyak pendukung global yang menyebut diri mereka sebagai "Tentara". Anggota lainnya adalah RM, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook, yang paling tua 25 tahun. Grup ini memperluas popularitasnya di Barat dengan megahit 2020 "Dynamite", lagu berbahasa Inggris pertama milik band yang menjadikan BTS artis K-pop pertama yang menduduki puncak Hot 100 Billboard di seluruh dunia dan bahkan diundang untuk berbicara di pertemuan PBB.

Hybe Corp., perusahaan induk Big Hit, mengatakan pada bulan Oktober bahwa setiap anggota band untuk saat ini akan fokus pada aktivitas individu yang dijadwalkan seputar rencana dinas militer mereka. Pada bulan Oktober, Jin merilis "The Astronaut", sebuah single yang ditulis bersama oleh Coldplay.

Jung, sang komentator, mengatakan bahwa proyek yang terjual dapat memberikan waktu yang sangat dibutuhkan anggota BTS untuk mengembangkan diri setelah bekerja sama sebagai sebuah grup selama bertahun-tahun. Tapi Cha Woo-jin, seorang komentator K-pop, mengatakan tidak jelas apakah BTS akan menikmati popularitas yang sama sebagai sebuah grup ketika mereka berkumpul kembali setelah menyelesaikan tugas militer mereka dalam beberapa tahun.

Pada bulan Agustus, Lee, menteri pertahanan, mengatakan anggota BTS yang sedang menjalani wajib militer kemungkinan akan diizinkan untuk terus berlatih dan bergabung dengan anggota BTS non-dinas lainnya dalam tur grup ke luar negeri.

Cha mengatakan pengaruh global K-pop tidak akan banyak dirugikan karena pendaftaran wajib militer anggota BTS karena mereka "tampaknya mewakili K-pop tetapi bukan segalanya dari K-pop." Chung setuju, dengan mengatakan bahwa grup K-pop lain seperti BLACKPINK, Stray Kids, dan aespa dapat meningkat lebih jauh. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home