Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 13:21 WIB | Sabtu, 05 Juli 2014

September, WCC akan Adakan KTT Antariman Perubahan Iklim

Pertemuan anggota Komite Sentral WCC dengan perwakilan PBB pekan ini untuk mengumumkan adanya KTT Antariman untuk Perubahan Iklim pada akhir September. (Foto: oikoumene.org)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Dewan Gereja Dunia (The World Council of Churches/WCC) mengumumkan akan menyelenggarakan KTT Antariman tentang Perubahan Iklim pada 21-22 September  di New York. Pada KTT, yang diselenggarakan bersama-sama dengan Religions for Peace, lebih dari 30 pemimpin agama akan mengambil sikap bersatu untuk mendorong para pemimpin internasional dan politik untuk mengatasi secara konkret penyebab dan konsekuensi dari perubahan iklim.

KTT Antariman diadakan sebelum KTT Iklim PBB, yang disebut oleh Sekjen PBB Ban Ki-Moon, untuk menggembleng dan mengkatalisasi tindakan terhadap perubahan iklim, dengan berani menyerukan dan bertindak untuk mengurangi emisi, memperkuat ketahanan iklim, dan memobilisasi kemauan politik untuk suatu perjanjian hukum yang berarti pada 2015.

Anggota WCC mengatakan mereka berharap suara mereka akan didengarkan pada Konferensi Organisasi-organisasi dalam Kerangka Konvensi Perubahan Iklim PBB di Lima pada Desember 2014 dan di Paris pada 2015. “Kami akan menyatukan suara kami dalam panggilan agar hak asasi manusia dan perubahan iklim harus ditangani secara sistematis,” kata Daniel Murphy, asisten pengampanye Yayasan Keadilan Lingkungan yang berpusat di Inggris. Murphy berbicara kepada Komite Sentral WCC, badan dari WCC yang bertemu pekan ini di Jenewa.

“Ini Pertarungan Kekuatan Besar”

WCC telah menangani isu-isu perubahan iklim selama lebih dari dua dekade, dan sekarang dampak perubahan iklim terhadap hak asasi manusia telah mencapai tingkat yang mendesak, kata Kirsten Auken, penasihat advokasi di DanChurchAid, sebuah organisasi nirlaba Denmark dengan misi mendukung dunia orang miskin. Auken mengatakan pesan utama dari pertemuan puncak antariman bahwa “pemimpin politik perlu bertindak untuk menutup kesenjangan antara kebutuhan dan kurangnya aksi pada tingkat politik. Kami, sebagai kelompok terkait gereja dan berbasis agama, memiliki peran penting untuk berjuang mendorong pemimpin kita harus berani.”

Dalam kasus ini, “mendorong” berarti menangkap perhatian para pemimpin politik yang berada dalam posisi untuk membuat perbedaan dalam PBB. “Ini adalah perjuangan kekuatan besar dan kami harus mengakui itu,” kata Auken. “Kita harus menjadi suara moral dalam hal ini.” Pada saat yang sama, anggota WCC menantang pemimpin politik, mereka juga perlu mengambil inisiatif dalam kehidupan mereka sendiri untuk merawat bumi di sekitar mereka, kata Metropolitan Serafim Kykkotis, Patriark Ortodoks Yunani Aleksandria dan Afrika. “Kita harus bersatu melalui tindakan kita bersama untuk menyelamatkan planet ini dan memberikan anak-anak kita masa depan yang lebih baik,” katanya.

Para peserta—30 partisipan di KTT tersebut akan mewakili kelompok terdiri atas Kristen, Yahudi, Muslim, Hindu, Buddha, dan Kelompok Kepercayaan, kata Dr Guillermo Kerber, koordinator program WCC Perhatian untuk Penciptaan dan Keadilan Iklim. “Pertemuan ini sangat penting mengingat kondisi kita hidup hari ini. Kami telah berseru selama bertahun-tahun untuk memiliki perjanjian yang adil, progresif, dan mengikat tentang perubahan iklim. “

Kerber dan penyelenggara KTT lainnya sepakat bahwa Amerika Serikat adalah negara pertama di antara bangsa-bangsa yang harus memimpin upaya untuk mengambil tindakan iklim, berdasarkan ilmu pengetahuan, yang dapat membantu melindungi hak-hak dasar individu dalam generasi ini dan di masa depan. Para pendeta dan gereja di AS terus menyuarakan panggilan untuk suatu tindakan nyata, kata Rev Everdith Landrau, yang melayani dengan Gereja Presbyterian (USA). “Ada program penyadaran yang telah menetes ke gereja-gereja lokal kami,” katanya. “Benih-benih sedang ditanam.” (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home