Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:06 WIB | Rabu, 02 Agustus 2023

Akibat Kudeta, Niger Hadapi Sanksi Ekonomi dan Perjalanan

Akibat Kudeta, Niger Hadapi Sanksi Ekonomi dan Perjalanan
Salou Hassan dan keluarganya tinggal di gubuk sederhana dua kamar di pinggir jalan, bersama sekitar 140 orang. (Foto: AP)
Akibat Kudeta, Niger Hadapi Sanksi Ekonomi dan Perjalanan
Pasukan keamanan Niger menembakkan gas air mata untuk membubarkan demonstran pro-junta yang berkumpul di luar kedutaan Prancis, di Niamey, ibu kota Niger 30 Juli 2023. (Foto: Souleymane Ag Anara/Reuters)

NIAMEY, SATUHARAPAN.COM-Negara-negara tetangga Niger memberlakukan sanksi ekonomi atas kudeta pekan lalu yang menggulingkan salah satu mitra demokrasi terakhir Barat melawan ekstremis Afrika Barat, dan keluarga di salah satu negara termiskin di dunia akan menghadapi risikonya.

Di ibu kota Niger, banyak orang tinggal di tempat penampungan sementara yang diikat dengan bilah kayu, seprai, dan terpal plastik karena tidak mampu membayar sewa. Mereka berebut setiap hari untuk menghasilkan cukup uang untuk memberi makan anak-anak mereka.

Salou Hassan dan keluarganya tinggal di gubuk dua kamar di pinggir jalan, bersama sekitar 140 orang. Keluarga itu tidur di bilah kayu dekat lantai, tanpa listrik atau air mengalir, dan mereka mandi di kamar mandi umum.

“Bagian tersulit adalah mencari makan untuk anak-anak saya,” kata Hassan, yang putranya berusia lima dan enam tahun, hari Senin (31/7).

Hassan, 30 tahun, menjual air dari pintu ke pintu, menghasilkan sekitar Rp 100.000 sehari jika semuanya berjalan lancar. Gerobaknya rusak dan dia tidak memiliki hampir Rp 1,5 juta yang dia butuhkan untuk memperbaikinya. Istrinya menyapu kios di pasar sentral, menghasilkan kurang dari setengah penghasilan Hassan.

Hassan hampir tidak menyadari bahwa presiden negara itu telah digulingkan. “Saya mencari uang untuk makan keluarga saya,” katanya.

Sementara itu, tetangga Niger mengancam intervensi bersenjata terhadap junta yang dijalankan oleh kepala pengawal presiden, meskipun analis mengatakan kecil kemungkinan badan regional itu berhasil mengirim pasukan.

Baik Amerika Serikat dan Prancis telah mengirim pasukan dan ratusan juta dolar bantuan militer dan kemanusiaan dalam beberapa tahun terakhir ke Niger, yang merupakan koloni Prancis hingga tahun 1960.

Negara itu dipandang sebagai yang terakhir bekerja dengan Barat melawan ekstremisme dalam bahasa Prancis, suatu wilayah di mana sentimen anti Prancis telah membuka jalan bagi kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner.

Setelah negara tetangga Mali dan Burkina Faso menggulingkan militer Prancis, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengunjungi Niger pada bulan Maret untuk memperkuat hubungan dan mengumumkan bantuan langsung sebesar US$150 juta, menyebut negara itu sebagai “model demokrasi”.

Namun, sejak kudeta yang menggulingkan Presiden Niger Mohamed Bazoum, orang-orang telah mengibarkan bendera Rusia dan memuji negara itu dalam demonstrasi pro junta.

Badan regional Afrika Barat yang dikenal sebagai ECOWAS mengumumkan sanksi perjalanan dan ekonomi terhadap Niger pada hari Minggu (30/7) atas kudeta tersebut, dan mengatakan akan menggunakan kekuatan jika para pemimpin kudeta tidak mengembalikan Bazoum dalam waktu satu pekan.

Sejak 1990-an, blok beranggotakan 15 negara itu telah mencoba melindungi demokrasi dari ancaman kudeta, dengan keberhasilan yang beragam.

Kemiskinan di Negara Berpenduduk 25 Juta

Niger sangat bergantung pada bantuan asing dan sanksi dapat semakin memiskinkan lebih dari 25 juta penduduknya. ECOWAS menangguhkan semua transaksi komersial dan keuangan antara negara anggotanya dan Niger, serta membekukan aset Nigeria yang disimpan di bank sentral regional.

Sanksi itu bisa menjadi bencana dan Niger perlu menemukan solusi untuk menghindarinya, kata Perdana Menteri Ouhoumoudou Mahamadou kepada outlet media Prancis, Radio France Internationale, pada hari Minggu.

"Ketika orang mengatakan ada embargo, perbatasan darat ditutup, perbatasan udara ditutup, sangat sulit bagi orang ... Niger adalah negara yang sangat bergantung pada komunitas internasional," katanya.

AS juga akan mempertimbangkan pemotongan bantuan jika kudeta berhasil, kata Departemen Luar Negeri, hari Senin. Bantuan "sangat seimbang tergantung pada hasil tindakan di negara itu," kata juru bicara departemen, Matt Miller. “Bantuan AS bergantung pada pemerintahan demokratis yang berkelanjutan di Niger.”

Empat negara dijalankan oleh pemerintahan militer di Afrika Barat dan Tengah, di mana terdapat sembilan keberhasilan kudeta penuh atau percobaan sejak 2020.

Pada 1990-an, ECOWAS melakukan intervensi di Liberia selama perang saudaranya, salah satu konflik paling berdarah di Afrika dan yang membuat banyak orang khawatir untuk campur tangan dalam konflik internal.

Pada 2017, ECOWAS melakukan intervensi di Gambia untuk mencegah pendahulu presiden baru, Yahya Jammeh, mengganggu penyerahan kekuasaan. Sekitar 7.000 tentara dari Ghana, Nigeria, dan Senegal memasuki negara itu, menurut Observatorium Global, yang memberikan analisis tentang masalah perdamaian dan keamanan. Intervensi tersebut sebagian besar dilihat sebagai pencapaian misinya.

Jika blok regional menggunakan kekuatan, itu bisa memicu kekerasan tidak hanya antara pasukan Niger dan ECOWAS tetapi juga antara warga sipil yang mendukung kudeta dan mereka yang menentangnya, kata analis Niger.

Meskipun tidak mungkin, “konsekuensi pada warga sipil dari pendekatan semacam itu jika pemberontak memilih konfrontasi akan menjadi bencana besar,” kata Rida Lyammouri, peneliti senior di Policy Center for the New South, sebuah think tank yang berbasis di Maroko.

Lyammouri tidak melihat “intervensi militer terjadi karena kekerasan yang dapat dipicu,” katanya.

Blinken pada hari Minggu memuji tekad kepemimpinan ECOWAS untuk "membela tatanan konstitusional di Niger" setelah pengumuman sanksi, dan bergabung dengan blok tersebut dalam menyerukan pembebasan segera Bazoum dan keluarganya.

Menangkap Sejumlah Menteri

Junta militer, yang merebut kekuasaan pada hari Rabu ketika anggota pengawal presiden mengepung rumah Bazoum dan menahannya, telah menindak pemerintah dan kebebasan sipil.

Pada Minggu malam mereka menangkap empat pejabat pemerintah, termasuk menteri perminyakan dan putra seorang mantan presiden; menteri pendidikan; menteri pertambangan; dan presiden dari partai yang berkuasa. Penangkapan itu diceritakan kepada The Associated Press oleh orang yang dekat dengan presiden, yang tidak berwenang untuk berbicara tentang situasi tersebut, dan seorang analis Nigeria yang tidak mau disebutkan namanya karena takut akan pembalasan.

Juga pada hari Minggu, juru bicara junta, Kolonel Mayor Amadou Abdramane, melarang penggunaan media sosial untuk mengeluarkan pesan-pesan yang menurutnya berbahaya bagi keamanan negara. Dia juga mengklaim tanpa bukti bahwa pemerintah Bazoum telah mengizinkan Prancis melakukan serangan untuk membebaskan Bazoum.

Pengamat yakin Bazoum ditahan di rumahnya di ibu kota, Niamey. Foto-foto pertamanya sejak kudeta muncul pada hari Minggu malam, duduk di sofa sambil tersenyum di samping Presiden Chad Mahamat Deby, yang terbang untuk menengahi antara pemerintah dan junta.

Untuk mengantisipasi keputusan ECOWAS hari Minggu, ribuan pendukung pro junta turun ke jalan di Niamey, mencela Prancis, mengibarkan bendera Rusia bersama dengan tanda bertuliskan "Ganyang Prancis" dan mendukung Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan meminta komunitas internasional untuk menjauh.

Belum ada penjelasan yang jelas tentang simbol Rusia, tetapi negara itu tampaknya telah menjadi simbol perasaan anti Barat terhadap para demonstran. Para pengunjuk rasa juga membakar pintu dan memecahkan jendela Kedutaan Besar Prancis, sebelum tentara Niger membubarkan mereka.

Prancis mengatakan pada hari Senin bahwa Presiden Emmanuel Macron memantau dengan cermat situasi di Niger dan telah membahas krisis tersebut dengan para pemimpin regional dan mitra Eropa dan internasional. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home