Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 03:53 WIB | Selasa, 05 Juli 2016

Serangan Bom di Dekat Masjid Nabawi, Madinah

Asap hitam mengepul dari ledakan bom di dekat masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, hari Senin (4/7) malam. (Foto: dari Al Arabiya)

MADINAH, SATUHARAPAN.COM –  Setidaknya tiga orang tewas dalam ledakan di luar Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, pada hari Senin (4/7), termasuk seorang pembom bunuh diri dan dua petugas keamanan.

Televisi Arab Saudi, Al-Arabiya melaporkan, pembom bunuh diri menyerang tiga kota di Arab Saudi, pada hari itu, dalam serangan yang terkoordinasi ketika warga Saudi bersiap untuk berbuka puasa pada dua hari terakhir bulan Ramadhan.

Pembom di masjid Nabawi meledakkan bom pada pos keamanan ketika mereka berbuka puasa, menurut laporan Al Arabiya.

Ledakan lain menargetkan pos diplomat Amerika Serikat di Jeddah, jamaah Syiah dan markas keamanan di sebuah masjid di kota suci Madinah. Seorang pejabat keamanan Saudi mengatakan, penyerang memarkir mobil di dekat konsulat AS di Jeddah sebelum meledakkan bom. Pejabat itu mengatakan, pemerintah sedang menyelidiki laporan lain ledakan di kota Qatif dan Madinah.

Satu serangan yang menyebabkan korban adalah serangan bom bunuh diri di dekat markas keamanan Masjid Nabawi di Madinah, yang merupakan situs kedua paling suci dalam Islam.

Dilaporkan seorang korban tewas pada ledakan di Madinah, tiga pelaku bom bunuh diri, dan dua petugas keamanan.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan asap hitam mengepul dari api di dekat Masjid Nabawi yang dibangun pada abad ke-7 oleh Nabi Muhammad, yang dimakamkan di sana bersama dua psahabat pertamanya.

Di Qatif, sebuah kota di wilayah timur yang banyak dihuni anggota Muslim Syiah, terjadi setidaknya satu ledakan yang menghantam sebuah masjid Syiah. Seorang penduduk mengatakan, tidak ada korban, kecuali penyerang yang meninggal.

Beberapa jam sebelumnya serangan bom bunuh diri terjadi di dekat konsulat AS di kota Jeddah. Pelaku tewas, dan dua orang terluka.  Ledakan di Jeddah diduga menargetkan orang asing. Namun tidak ada yang mengaku bertanggung jawab.

Negara Islam telah melakukan serangkaian pemboman dan penembakan di Arab Saudi sejak pertengahan 2014 yang menewaskan puluhan orang, sebagian besar warga Muslim Syiah.

Tahun lalu serangan bom bunuh diri menghantam masjid Syiah di Qatif, menewaskan puluhan orang.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home