Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 15:23 WIB | Rabu, 17 Januari 2024

Serangan Houthi di Laut Merah Berdampak pada Pengiriman Minyak dan Gas

Seorang Houthi berdiri di atas kapal kargo Galaxy Leader di Laut Merah dalam foto ini yang dirilis 20 November 2023. (Foto: dok. Reuters)

LAUT MEREAH, SATUHARAPAN.COM0-QatarEnergy adalah eksportir gas alam cair terbesar kedua di dunia, namun telah berhenti mengirimkan kapal tanker melalui Laut Merah, bergabung dengan beberapa perusahaan lain yang saat ini menghindari jalur perdagangan utama Timur-Barat.

Kelompok Houthi yang didukung Iran di Yaman sejak bulan November telah menyerang kapal-kapal di Laut Merah, bagian dari rute yang menyumbang sekitar 12 persen lalu lintas pelayaran dunia, dalam apa yang mereka katakan sebagai upaya untuk mendukung warga Gaza dalam perang dengan Israel.

Serangan-serangan tersebut telah meningkatkan kekhawatiran akan adanya gangguan terhadap perdagangan internasional menyusul pergolakan pandemi COVID-19, dan mendorong serangan udara pimpinan Amerika Serikat ke Yaman.

Perkembangan Terkini di Laut Merah

Setidaknya empat kapal tanker yang digunakan untuk membawa LNG Qatar ditahan selama akhir pekan setelah pasukan Amerika Serikat dan Inggris merespons dengan melakukan puluhan serangan udara dan laut terhadap sasaran Houthi di Yaman.

“Ini adalah jeda untuk mendapatkan nasihat keamanan, jika melewati (melalui) Laut Merah tetap tidak aman, kami akan melalui Tanjung,” seorang sumber senior yang mengetahui langsung masalah tersebut mengatakan kepada Reuters pada hari Senin (15/1). “Ini bukan penghentian produksi.”

Di pasar minyak, setidaknya enam kapal tanker minyak telah mengalihkan jalurnya atau berhenti sejenak sebelum memasuki Laut Merah bagian selatan sejak akhir pekan, menurut data pelacakan kapal dari LSEG dan Kpler.

Sepenting Apa Jalur Laut Merah bagi pasar LNG?

Serangan-serangan tersebut membuat upaya mencapai Terusan Suez menjadi lebih berbahaya.

Sekitar 12 persen lalu lintas pelayaran dunia transit di kanal tersebut dan empat hingga delapan persen kargo LNG global melewati kanal tersebut pada tahun 2023.

Sebanyak 8,2 juta barel per hari (bpd) minyak mentah dan produk minyak melintasi Laut Merah pada periode Januari-November 2023, menurut perusahaan analisis Vortexa.

Sekitar 16,2 juta metrik ton (MMt), atau 51 persen perdagangan LNG, mengalir dari Cekungan Atlantik di timur melalui Terusan Suez tahun lalu, sementara 15,7 MMt mengalir melalui kanal dari Cekungan Pasifik di barat, menurut S&P Global Commodity Insights.

Siapa Pengirim Utama Melalui Rute Tersebut?

Terusan Suez adalah salah satu arteri terpenting perdagangan minyak global.

Qatar, Amerika Serikat dan Rusia adalah pengirim LNG paling aktif melalui Suez.

Qatar menduduki peringkat teratas pengirim kargo aktif dari Timur ke Eropa namun hanya menyediakan sekitar lima persen dari total pendapatan bersih UE dan Eropa.

“Pada kenyataannya, Qatar adalah satu-satunya eksportir dari arah timur ke barat melalui Terusan Suez,” kata Robert Songer, analis LNG di perusahaan intelijen ICIS.

Rute alternatif ke Eropa melalui Tanjung Harapan dapat menambah sekitar sembilan hari dari 18 hari perjalanan dari Qatar ke Eropa Barat Laut, kata analis LNG ICIS Alex Froley.

Untuk LNG ke Asia, Qatar berada di urutan teratas diikuti oleh Amerika Serikat yang baru-baru ini menggunakan Terusan Suez sebagai alternatif dari Terusan Panama.

Apakah Harga Terdampak?

Harga spot LNG di Asia turun ke level terendah dalam tujuh bulan sebesar US$10,10 per juta British thermal unit (mmBtu) pada hari Jumat (12/1), didukung oleh tingkat penyimpanan yang sehat di Eropa dan Asia timur laut.

Persediaan yang tinggi di Eropa dan Asia Utara membatasi permintaan dan diperkirakan akan membatasi pertumbuhan harga spot pada semester pertama tahun 2024.

Harga minyak menguat sebesar dua persen pekan lalu, dengan kedua tolok ukur tersebut mencapai level tertinggi intraday pada tahun 2024, termasuk Brent yang melampaui US$ 80 per barel, namun harga turun pada hari Senin (15/1) karena dampak konflik yang terbatas terhadap produksi minyak mentah mendorong aksi ambil untung.

“Realisasi bahwa pasokan minyak tidak terkena dampak buruk menyebabkan kenaikan pada pekan lalu untuk mengambil keuntungan,” Tamas Varga dari pialang minyak PVM mengatakan kepada Reuters.

Sejauh ini tidak ada kehilangan pasokan minyak, namun gangguan pengiriman secara tidak langsung memperketat pasar dengan menahan 35 juta barel di laut karena perjalanan yang lebih jauh yang harus dilakukan oleh pengirim barang untuk menghindari Laut Merah, tulis analis Citi.

Premi asuransi risiko perang telah meningkat dari US$2.000 menjadi US$10.000 sebagai akibat dari gangguan tersebut, dan sebelum serangan oleh AS dan Inggris akhir pekan lalu, telah melonjak hingga US$30.000, kata sumber pelayaran yang menolak disebutkan namanya kepada Reuters.

Bagaimana Pelaku Pasar Melihat Risikonya?

Pelaku pasar minyak mentah dan produk minyak mengatakan tingkat dampaknya akan ditentukan oleh durasi gangguan pengiriman akibat serangan Houthi.

Kecil kemungkinannya bahwa banyak hal akan berubah kecuali situasi ini berlangsung lebih dari beberapa pekan, kata seorang analis di sebuah rumah perdagangan.

Penundaan ini kemungkinan besar berdampak pada minyak mentah asam medium dari produsen Timur Tengah, yang dapat diganti dengan kualitas serupa dari Brasil, Guyana, dan Norwegia, kata seorang pedagang minyak mentah kepada Reuters.

Pelaku pasar LNG percaya bahwa perdagangan LNG kemungkinan besar tidak akan terpengaruh dan gangguan apa pun tidak akan berdampak besar pada pasokan global.

Mayoritas percaya bahwa pengiriman AS, jika mereka menuju ke China/Asia hanya akan mengalami penundaan jangka pendek jika rute kargo diubah.

“Risiko fisik terhadap transit LNG Suez lebih disebabkan oleh upaya menjaga pasokan Atlantik tetap tertuju ke Eropa dibandingkan menghentikan pasokan Qatar dari mencapai Eropa,” kata Jake Horslen, analis LNG senior di Energy Aspects.

Ketua Asosiasi Gas Jepang (JGA), Takahiro Honjo, mengatakan pada konferensi pers bahwa meskipun ada risiko, “Saya tidak berpikir krisis pasokan akan terjadi secara tiba-tiba dalam waktu dekat”. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home