Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:33 WIB | Minggu, 07 Januari 2024

Houthi Yaman Gunakan Kapal Tak Berawak Serang Kapal Komesial di Laut Merah

Wakil Laksamana Angkatan Laut AS, Brad Cooper, yang memimpin Armada ke-5 Angkatan Laut yang berbasis di Bahrain, berbicara di sebuah acara di Pameran dan Konferensi Pertahanan Internasional di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 21 Februari 2023. Komandan tertinggi AS Angkatan Laut di Timur Tengah mengatakan pemberontak Houthi di Yaman tidak menunjukkan tanda-tanda akan mengakhiri serangan “sembrono” mereka terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah. Namun Wakil Laksamana Brad Cooper mengatakan dalam wawancara dengan Associated Press pada hari Sabtu bahwa semakin banyak negara yang bergabung dengan misi maritim internasional untuk melindungi kapal-kapal di jalur air penting tersebut dan lalu lintas perdagangan mulai meningkat. (Foto: dok. AP/Jon Gambrell)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Sebuah kapal permukaan tak berawak bersenjata yang diluncurkan dari Yaman yang dikuasai Houthi berada dalam jarak “beberapa mil” dari Angkatan Laut Amerika Serikat dan kapal komersial di Laut Merah sebelum meledak pada hari Kamis (4/1), hanya beberapa jam setelah Gedung Putih dan sejumlah mitranya negara-negara lain mengeluarkan peringatan terakhir kepada kelompok milisi yang didukung Iran untuk menghentikan serangan atau menghadapi potensi aksi militer.

Wakil Laksamana Brad Cooper, kepala operasi Angkatan Laut AS di Timur Tengah, mengatakan ini adalah pertama kalinya Houthi menggunakan kapal permukaan tak berawak, atau USV, sejak gangguan mereka terhadap kapal komersial di Laut Merah dimulai setelah pecahnya perang Israel-Hamas. Namun, mereka telah menggunakannya beberapa tahun yang lalu.

Fabian Hinz, pakar rudal dan peneliti di Institut Internasional untuk Studi Strategis, mengatakan USV adalah bagian penting dari persenjataan maritim Houthi dan digunakan dalam pertempuran sebelumnya melawan pasukan koalisi Arab Saudi yang ikut campur dalam perang Yaman. Mereka sering digunakan sebagai perahu drone bunuh diri yang meledak saat terjadi benturan.

Sebagian besar USV Houthi kemungkinan dirakit di Yaman tetapi sering kali dilengkapi dengan komponen buatan Iran, seperti sistem panduan terkomputerisasi, kata Hinz.

Di PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa), wakil duta besar AS, Christopher Lu, mengatakan pada pertemuan darurat Dewan Keamanan pada hari Rabu (3/1) bahwa Iran telah memasok uang dan sistem senjata canggih kepada Houthi, termasuk drone, rudal jelajah serangan darat, dan rudal balistik. Dia mengatakan Iran juga sangat terlibat dalam perencanaan serangan Houthi terhadap kapal komersial di Laut Merah.

Dia mengatakan Amerika Serikat tidak ingin berkonfrontasi dengan Iran, namun Teheran punya pilihan. “Mereka dapat melanjutkan tindakannya saat ini,” kata Lu, “atau mereka dapat menahan dukungannya, yang tanpanya Houthi akan kesulitan melacak dan menyerang kapal-kapal komersial yang menavigasi jalur pelayaran melalui Laut Merah dan Teluk Aden.”

Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah tindakan apa pun terhadap Houthi juga akan mengurangi peran Iran, yang dapat berisiko memperluas konflik.

Peringatan pada Houthi oleh Beberapa Negara

Sebuah pernyataan pada hari Rabu yang ditandatangani oleh Amerika Serikat, Australia, Bahrain, Belgia, Kanada, Denmark, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Selandia Baru, Singapura dan Inggris memberi Houthi apa yang digambarkan oleh pejabat senior pemerintahan Biden sebagai peringatan terakhir.

“Biarlah pesan kami menjadi jelas: kami menyerukan diakhirinya segera serangan-serangan ilegal ini dan pembebasan kapal-kapal dan awak kapal yang ditahan secara tidak sah,” kata negara-negara tersebut dalam pernyataannya. “Houthi akan memikul tanggung jawab atas konsekuensinya jika mereka terus mengancam kehidupan, perekonomian global, dan arus bebas perdagangan di perairan penting di kawasan ini.”

Juru bicara Pentagon, Mayjen Pat Ryder, tidak akan mengatakan apakah akan ada tindakan militer setelah peluncuran drone laut pada hari Kamis. ″Saya akan membiarkan pernyataan ini berbicara sendiri, yang, sekali lagi, mewakili banyak negara di seluruh dunia dan menekankan bahwa jika serangan ini tidak berhenti, akan ada konsekuensinya,” kata Ryder.

Sejak akhir Oktober, Houthi telah meluncurkan sejumlah drone dan rudal serang satu arah ke kapal-kapal komersial yang transit di Laut Merah. Kapal perang Angkatan Laut Amerika juga mencegat rudal balistik yang menurut Pentagon sedang menuju Israel. Cooper mengatakan total 61 rudal dan drone telah ditembak jatuh oleh kapal perang AS.

Menanggapi serangan Houthi, Menteri Pertahanan, Lloyd Austin, pada bulan Desember mengumumkan Operasi Penjaga Kemakmuran, dengan Amerika Serikat dan negara-negara lain mengirimkan kapal tambahan ke Laut Merah bagian selatan untuk memberikan perlindungan bagi kapal komersial yang melewati Selat Bab el-Mandeb yang penting.

Cooper mengatakan 1.500 kapal komersial telah dapat transit dengan aman sejak operasi tersebut diluncurkan pada 18 Desember.

Namun, Houthi terus meluncurkan rudal dan menyerang drone, sehingga mendorong Gedung Putih dan 12 sekutunya mengeluarkan peringatan terakhir pada hari Rabu untuk menghentikan serangan mereka terhadap kapal-kapal di Laut Merah atau menghadapi potensi aksi militer yang ditargetkan.

Cooper mengatakan Operasi Penjaga Kemakmuran hanya bersifat defensif dan terpisah dari tindakan militer apa pun yang mungkin dilakukan AS jika serangan Houthi terus berlanjut.

AS, Inggris, dan Prancis saat ini menyediakan sebagian besar kapal perang, dan Yunani serta Denmark juga akan menyediakan kapal, katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home