Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:03 WIB | Senin, 12 Februari 2024

Serangan Rusia ke Kharkiv, Ukraina Memicu Kebakaran, Menewaskan Tujuh Orang

Serangan pesawat tak berawak Rusia terhadap sebuah pompa bensin di kota terbesar kedua di Ukraina, Kharkiv, menewaskan tujuh orang, termasuk tiga anak-anak.
Beberapa anggota polisi berdiri di depan mayat-mayat yang ditutupi kantong plastik di lokasi serangan pesawat tak berawak di Kharkiv, pada 10 Februari 2024. Tujuh orang, termasuk tiga anak-anak, tewas dalam serangan pesawat tak berawak Rusia di kota Kharkiv di Ukraina timur, kata gubernur daerah. (Foto: AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Bahan bakar dari pompa bensin dengan cepat menyebar melalui jalan di dekatnya, membakar hidup-hidup beberapa warga dan melukai yang lain. “Dalam lima menit kami mendapat sungai api. Kami harus lari dari rumah, lari saja,” kata Oleskandr Lagutin, yang terluka dalam serangan itu.

Pihak berwenang setempat mengatakan kebakaran itu menewaskan sepasang suami istri dan satu keluarga beranggotakan lima orang. “Ibu mertua saya menelepon dan mengatakan apinya terbakar,” kata Natalia, kerabat pasangan almarhum.

"Dia menelepon kembali dan mulai berteriak bahwa api itu telah menyebar ke dalam rumah. Kami mendengar jeritan terakhir dan hanya itu, dia tidak menghubungi lagi," katanya.

Gubernur wilayah Kharkiv, Oleg Synegubov, mengatakan keluarga tersebut termasuk orang tua dan anak laki-laki mereka yang berusia tujuh tahun, empat tahun, dan tujuh bulan.

Perempuan dan anak laki-laki tersebut mencari perlindungan di kamar mandi sementara jenazah pria ditemukan di lorong rumah, katanya.

Kegilaan Rusia

“Anak-anak ini belum melihat kehidupan, namun terbunuh akibat kegilaan Rusia,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Dia menyampaikan bela sungkawa kepada seluruh korban penyerangan tersebut.

“Kemarahan kami mutlak. Orang-orang ini akan menanggung akibatnya,” tambah ajudan presiden Andriy Yermak.

Kepala investigasi polisi Kharkiv, Sergiy Bolvinov, mengatakan semua korban “dibakar hidup-hidup”. Sekitar 3.800 ton bahan bakar disimpan di depot minyak yang terkena serangan, kata Bolvinov.

“Seluruh jalan berubah menjadi massa cair yang mengerikan… bahan bakar bercampur dengan salju dan mulai terbakar, rumah-rumah di sepanjang jalan mulai terbakar,” jelas Bolvinov. Setidaknya 50 orang dievakuasi, kata pemerintah setempat.

Ini adalah yang terbaru dari serangkaian serangan mematikan di Kharkiv, sebuah kota di timur laut yang direbut kembali dari pasukan Rusia pada musim gugur 2022.

Misi hak asasi manusia PBB di Ukraina mencatat 17 warga sipil tewas dan 168 terluka di kota tersebut, jumlah tersebut tidak termasuk korban baru-baru ini.

Secara keseluruhan, Rusia meluncurkan 31 drone terutama di wilayah Kharkiv timur dan wilayah selatan Odessa, dimana 23 di antaranya hancur. Empat orang terluka di Odesa, kata kepala administrasi militer wilayah tersebut Oleg Kiper melalui Telegram.

Makin Mengabaikan Kejahatan

Ukraina telah berulang kali menghadapi serangan udara sepanjang malam, sehingga mendorong adanya seruan baru untuk memberikan dukungan.

Sementara itu NATO meminta Eropa untuk meningkatkan produksi senjatanya guna mendukung Ukraina dan mencegah “potensi konfrontasi selama beberapa dekade” dengan Moskow, menjelang pertemuan penting para menteri pertahanan di Brussels dan peringatan kedua perang tersebut.

Sekretaris Jenderal aliansi tersebut, Jens Stoltenberg, menegaskan bahwa "kita perlu menyusun kembali dan memperluas basis industri kita lebih cepat, untuk meningkatkan pengiriman ke Ukraina dan mengisi ulang stok kita sendiri."

“Ini berarti peralihan dari masa damai yang lambat ke produksi konflik dengan tempo tinggi,” katanya kepada surat kabar Jerman Welt am Sonntag.

Para pemimpin Barat juga menyerukan bantuan yang lebih besar. Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden Joe Biden mendesak anggota parlemen AS pada hari Jumat untuk menyetujui paket bantuan militer untuk Ukraina, yang telah lama tertunda, dan memperingatkan bahwa Kiev tidak dapat menunda invasi Rusia tanpa bantuan tersebut.

“Kegagalan Kongres Amerika Serikat dalam tidak mendukung Ukraina hampir merupakan pengabaian terhadap kejahatan,” kata Biden saat ia menerima Scholz di Ruang Oval pada hari Jumat.

Para menteri pertahanan NATO akan bertemu di Brussels pada hari Kamis, satu minggu menjelang ulang tahun kedua serangan Rusia di Ukraina. Pertemuan Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina akan menjadi inti pembicaraan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home