Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:45 WIB | Senin, 17 April 2023

Serangan Udara Tentara Sudan Gempur Pangkalan RSF Paramiliter

Warga Sudan menyapa tentara, yang setia kepada panglima militer Abdel Fattah al-Burhan, di kota Laut Merah Port Sudan pada 16 April 2023. (Foto: AFP)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM-Tentara Sudan tampaknya menang pada hari Minggu (16/4) dalam perebutan kekuasaan berdarah dengan pasukan paramiliter saingan, menggempur pangkalan mereka dengan serangan udara, kata saksi mata.

Setidaknya 97 warga sipil tewas dan 365 terluka sejak pertempuran di Sudan dimulai, kata satu kelompok dokter.

Pertempuran meletus pada hari Sabtu antara unit-unit tentara yang setia kepada Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, kepala Dewan Pemerintahan Transisi Sudan, dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter, yang dipimpin oleh Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, yang dikenal sebagai Hemedti, yang merupakan wakil kepala dewan.

Itu adalah wabah pertama sejak keduanya bergabung untuk menggulingkan Omar Hassan al-Bashir pada 2019 dan dipicu oleh ketidaksepakatan atas integrasi RSF ke dalam militer sebagai bagian dari transisi menuju pemerintahan sipil.

Burhan dan Hemedti menyepakati jeda pertempuran selama tiga jam mulai pukul 16:00 sore waktu setempat untuk memungkinkan evakuasi kemanusiaan yang diusulkan oleh PBB, kata misi PBB di Sudan, tetapi kesepakatan itu diabaikan secara luas setelah periode relatif tenang yang singkat.

Saat malam tiba, penduduk melaporkan ledakan artileri dan deru pesawat tempur di distrik Kafouri di Bahri, yang memiliki basis RSF, di seberang sungai Nil dari ibu kota Khartoum.

Saksi mata mengatakan bahwa tentara memperbarui serangan udara di pangkalan RSF di Omdurman, kota kembar Khartoum di seberang Sungai Nil, dan distrik Kafouri dan Sharg el-Nil di Bahri yang berdekatan, membuat para pejuang RSF kabur.

Amerika Serikat, China, Rusia, Mesir, Arab Saudi, Dewan Keamanan PBB, Uni Eropa dan Uni Afrika telah mengimbau untuk segera mengakhiri permusuhan yang mengancam memperburuk ketidakstabilan di wilayah yang lebih luas yang sudah bergejolak.

Upaya tetangga dan badan regional untuk mengakhiri kekerasan diintensifkan pada hari Minggu. Mesir menawarkan untuk menengahi, dan Otoritas Antarpemerintah untuk Pembangunan blok Afrika regional berencana mengirim presiden Kenya, Sudan Selatan dan Djibouti sesegera mungkin untuk mendamaikan kelompok-kelompok Sudan yang berkonflik, kata kantor Presiden Kenya, William Ruto, di Twitter.

Pecahnya pertempuran selama akhir pekan mengikuti meningkatnya ketegangan atas integrasi RSF ke dalam militer. Perselisihan tentang jadwal untuk itu telah menunda penandatanganan perjanjian yang didukung secara internasional dengan partai politik tentang transisi menuju demokrasi setelah kudeta militer tahun 2021.

Bentrokan di Khartoum

Sebuah pernyataan oleh tentara mengatakan ada bentrokan yang sedang berlangsung di sekitar markas militer di pusat Khartoum, dan mengatakan bahwa tentara RSF menempatkan penembak jitu di gedung-gedung, tetapi mereka "dipantau dan ditangani."

Sebelumnya pada hari Minggu, saksi dan penduduk mengatakan bahwa tentara telah melakukan serangan udara di barak dan pangkalan RSF di wilayah Khartoum dan berhasil menghancurkan sebagian besar fasilitas paramiliter.

Mereka mengatakan tentara juga telah merebut kembali kendali atas sebagian besar istana kepresidenan Khartoum dari RSF setelah kedua belah pihak mengklaim mengendalikannya dan instalasi penting lainnya di Khartoum, tempat baku tembak artileri berat dan senjata berkecamuk hingga Minggu.

Anggota RSF tetap berada di dalam bandara internasional Khartoum yang dikepung oleh tentara tetapi menahan diri untuk tidak menyerang mereka untuk menghindari kerusakan besar, kata saksi mata.

Tapi masalah utama, kata saksi dan penduduk, ditimbulkan oleh ribuan anggota RSF bersenjata berat yang dikerahkan di lingkungan Khartoum dan kota-kota lain, tanpa otoritas yang mampu mengendalikan mereka.

“Kami takut, kami tidak tidur selama 24 jam karena kebisingan dan rumah yang berguncang. Kami khawatir kehabisan air dan makanan, serta obat untuk ayah saya yang menderita diabetes,” kata Huda, seorang warga muda di Khartoum selatan.

“Ada begitu banyak informasi palsu dan semua orang berbohong. Kami tidak tahu kapan ini akan berakhir, bagaimana ini akan berakhir, ”tambahnya.

Konfrontasi yang berlarut-larut dapat menjerumuskan Sudan ke dalam konflik yang meluas saat negara itu berjuang dengan kehancuran ekonomi dan kekerasan suku, menggagalkan upaya untuk bergerak menuju pemilu.

Korban Warga Sipil

Persatuan Dokter Sudan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa setidaknya 97 warga sipil telah tewas dan 365 terluka.

Komite Sentral Dokter Sudan sebelumnya melaporkan sedikitnya 56 warga sipil tewas dan 595 orang termasuk pejuang terluka sejak pertempuran meletus.

Puluhan personel militer tewas, kata komite dokter, tanpa memberikan jumlah spesifik karena kurangnya informasi langsung dari rumah sakit.

Program Pangan Dunia (WFP) PBB mengatakan untuk sementara menghentikan semua operasi di daerah-daerah yang dilanda kelaparan di Sudan setelah tiga pegawai Sudan tewas dalam pertempuran di Darfur Utara dan sebuah pesawat WFP ditembak saat baku tembak di bandara Khartoum.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengutuk pembunuhan itu dan menyerukan pelakunya diadili. “Mereka yang bertanggung jawab harus diadili tanpa penundaan,” kata Guterres di Twitter. “Pekerja kemanusiaan adalah #NotATarget.”

Volker Perthes, utusan khusus PBB untuk Sudan dan kepala misi negaranya, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia terkejut dengan laporan penembakan dan penjarahan yang berdampak pada PBB dan fasilitas kemanusiaan lainnya.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan, melakukan pembicaraan telepon terpisah dengan Burhan dan Hemedti dan menyerukan diakhirinya eskalasi militer, kata media pemerintah Arab Saudi pada Minggu. Menteri menegaskan seruan Riyadh untuk tenang.

Dalam pidatonya di pertemuan Liga Arab tentang krisis pada Minggu, Sudan mengatakan Sudan harus diizinkan untuk mencapai penyelesaian secara internal tanpa campur tangan asing.

Angkatan bersenjata mengatakan tidak akan bernegosiasi dengan RSF kecuali pasukan dibubarkan. Tentara memberi tahu tentara yang diperbantukan di RSF untuk melapor ke unit tentara terdekat, yang dapat mencopot pangkat RSF jika mereka patuh.

Pemimpin RSF Hemedti, wakil kepala negara, menyebut panglima militer Burhan sebagai "penjahat" dan "pembohong".

Televisi negara menghentikan transmisinya pada Minggu sore, sebuah langkah yang menurut karyawan dimaksudkan untuk mencegah siaran propaganda oleh RSF setelah pasukannya memasuki gedung penyiaran utama negara di Omdurman dan mulai menayangkan program pro RSF. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home