Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:36 WIB | Senin, 17 April 2023

Slovakia Kirim Lagi Jet Temur MiG-29 ke Ukraina

Jet tempur MiG-29 Angkatan Udara Slovakia terbang di atas bandara selama pertunjukan udara di Malacky, Slovakia, pada 27 Agustus 2022. Slovakia telah mengirimkan sembilan sisa dari 13 jet tempur MiG-29 era Uni Soviet yang diputuskan untuk diberikan kepada Ukraina, kata Kementerian Pertahanan Slovakia pada Senin, 17 April 2023. (Foto: dok. AP/Petr David Josek)

BRATISLAVA, SATUHARAPAN.COM-Slovakia telah mengirimkan lagi sembilan dari 13 jet tempur MiG-29 era Uni Soviet yang dijanjikannya ke Ukraina, kata Kementerian Pertahanan Slovakia pada hari Senin (17/4).

Kementerian mengatakan pesawat tempur diangkut melalui darat untuk alasan keamanan dalam "operasi logistik yang rumit." Empat pesawat pertama diterbangkan dari Slovakia ke Ukraina oleh pilot Ukraina pada 23 Maret.

"Kami melakukan hal yang benar," kata Menteri Pertahanan, Jaroslav Nad, dalam sebuah pernyataan

Pada 17 Maret, pemerintah Slovakia menyetujui rencana untuk memberikan Ukraina seluruh armada pesawat MiG-29 era Uni Soviet, dan menjadi anggota NATO kedua yang menjawab permintaan Ukraina untuk pesawat tempur membantu bertahan melawan invasi Rusia.

Slovakia mengandangkan MiG-nya pada musim panas karena kurangnya suku cadang dan keahlian pemeliharaan. Negara tetangga Polandia dan Republik Ceko, keduanya anggota NATO, turun tangan untuk memantau wilayah udara Slovakia.

Pengganti MiG-29 kemungkinan tidak akan tiba satu tahun lagi. Slovakia sebelumnya menandatangani kesepakatan untuk membeli 14 jet tempur F-16 Block 70/72 AS, tetapi pengiriman diundur dua tahun dengan pesawat pertama tiba pada awal 2024.

Amerika Serikat telah menawarkan Slovakia 12 helikopter militer baru sebagai kompensasi atas jet tempur yang diberikan kepada Ukraina. Di bawah tawaran itu, Slovakia akan membayar US$ 340 juta untuk helikopter serang Bell AH-1Z dalam kesepakatan senilai sekitar US$1 miliar. Pembiayaan militer luar negeri AS akan mencakup US$660 juta lainnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home