Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:11 WIB | Selasa, 23 Desember 2014

Setelah Ebola, PBB Harus Siap Atasi Wabah Berikutnya

Sekjen PBB Ban Ki-Moon. (Foto: antaranews.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - "PBB harus mengambil pelajaran dari krisis ebola, dan mulai mempersiapkan dari sekarang untuk mengatasi wabah penyakit mematikan berikutnya,“ kata Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon pada Senin (22/12).

Setelah kembali dari kunjungan ke negara-negara terinfeksi ebola, Ban juga menyerukan upaya pemulihan di Afrika Barat, agar ditingkatkan untuk membangun kembali ekonomi yang hancur, membuat anak-anak kembali sekolah dan mulai merawat anak yatim yang orang tuanya meninggal akibat ebola.

“Kita harus belajar dari (krisis) ebola, dengan melampaui penguatan sistem kesehatan masyarakat,”  kata Ban kepada wartawan di kantor pusat PBB.

Masyarakat internasional perlu peringatan dini yang lebih baik dan respons yang cepat.

Sekjen PBB mengatakan, ia akan meluncurkan upaya serius untuk mengeksplorasi hal lain yang bisa kita lakukan untuk mencegah wabah penyakit berikutnya, sebuah tes pasti akan dilakukan.

Ban melakukan perjalanan ke Guinea, Liberia, Sierra Leone, pusat epidemi ebola selama satu tahun ini, yang telah menewaskan lebih dari 7.000 orang. Ia juga melakukan perjalanan ke Mali, yang terinfeksi wabah baru-baru in,i dan Ghana, markas besar Misi Darurat Ebola PBB.

Imbauannya untuk menilai respons terhadap ebola diikuti dengan kritikan tajam dari organisasi nonpemerintah bahwa PBB, khususnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terlalu lambat mengambil tindakan.(AFP/Ant) 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home