Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 08:09 WIB | Selasa, 05 April 2016

Skandal Panama Paper: Bintang-bintang Ternama Ikut Terseret

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM – Aktor Bollywood Amitabh Bachchan dan bintang film laga Jackie Chan adalah salah satu selebritas yang disebutkan dalam pembocoran dokumen besar-besaran pada Senin (04/04), sebagian di antaranya mengungkap aset tersembunyi di luar negeri.

Bachchan, yang dijuluki “Big B” di India, adalah direktur di sedikitnya empat perusahaan pelayaran yang terdaftar di luar negeri yang didirkan 23 tahun lalu.

Modal yang diresmikan dari perusahaan-perusahaan tersebut berkisar antara 5.000 sampai 50.000 dolar AS (sekitar Rp65,9 sampai Rp959,2 juta), namun mereka menjual kapal senilai miliaran rupiah, menurut surat kabar Indian Express.

Express adalah salah satu dari 100 grup media yang menyelidiki kebocoran 11,5 juta dokumen dari Mossack Fonseca, firma hukum berbasis di Panama yang memiliki kantor di 35 negara.

Menantu Bachchan, Aishwarya Rai Bachchan, juga memegang posisi direktur sekaligus pemegang saham di sebuah perusahaan di luar negeri, beserta anggota keluarganya, sebelum perusahaan tersebut diduga ditutup pada 2008, kata Express.

Bintang film Hong Kong Jackie Chan juga dikabarkan memiliki sedikitnya enam perusahaan yang direpresentasikan oleh perusahaan Fonseca, walaupun mungkin juga dia menggunakan perusahaan itu secara sah untuk tujuan bisnis bukan untuk menghindari pajak. (Ant/AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home