Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:02 WIB | Senin, 05 Februari 2024

SMAK PENABUR Gading Serpong Gelar Creativity Workshop untuk Para Siswa

SMAK PENABUR Gading Serpong Gelar Creativity Workshop untuk Para Siswa
Kegiatan-kegiaran dalam Creativity Workshop SMAK PENABUR Gading Serpong. (Foto-foto: SMAK PENABUR Gading Serpong)
SMAK PENABUR Gading Serpong Gelar Creativity Workshop untuk Para Siswa
SMAK PENABUR Gading Serpong Gelar Creativity Workshop untuk Para Siswa
SMAK PENABUR Gading Serpong Gelar Creativity Workshop untuk Para Siswa

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-SMAK PENABUR Gading Serpong menggelar acara workshop untuk memfasilitasi para siswa mengembangkan bakat yang mereka minati di bidang akademik maupun non akademik.

Kegiatan dalam workshop meliputi aktivitas di bidang cooking, crafting, paper art, make up and hair do, jurnalistik, fotografi, videografi, public speaking, computer games, robotic, batik, dan entrepreneurship.

Ini adalah acara tahunan yakni Creativity Workshop yang memfasilitasikan siswa/i SMAK PENABUR Gading Serpong dari kelas X, XI dan XII dengan membuka berbagai kelas workshop sesuai bakat yang mereka minati, kata Vanesya Eunice Djaya (X-9) dan Clarissa Amanda Arif (X-4) dari SMAK PENABUR Gading Serpong.

Acara digelar pada 18 - 19 Januari 2024,  dan dibuka secara resmi oleh Kepala sekolah, Drs. Thomas Kristo M, MM. Dalam sambutannya dia menyampaikan, “Kegiatan workshop ini merupakan kegiatan tahunan yang merupakan ciri khas SMAK PENABUR Gading Serpong yakni CREATIVITY EMPOWERMENT, di mana sekolah memberikan kesempatan pada seluruh siswa secara kreatif mengali potensi dan talenta yang ada, baik dibidang akademik maupun non akademik.”

Dalam kegiatan ini, sekolah menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai macam bidang untuk memberi gambaran kepada siswa/i yang memiliki minat terhadap bidang tersebut. Uniknya, siswa kelas 12 diberi kesempatan untuk melatih keahlian mereka dalam bidang kewirausahaan dengan mempraktekan apa yang mereka pelajari pada hari pertama di hari ke-2 dalam acara workshop ini.berupa bazaar, yang memamerkan hasil workshop hari pertama tersebut.

Workshop ini memberi siswa siswi kesempatan untuk memasuki dunia dalam bidang yang mereka minati dan memakai konsep belajar “learning by doing”. Disini siswa dapat mempelajari dan mempraktekan hal yang mereka pelajari dari sumber yang terpercaya.

Untuk menunjukan penghargaan bagi siswa/i yang menunjukan keingintahuan yang tinggi dan keaktifan yang besar, sekolah dan beberapa narasumber telah menyediakan hadiah bagi siswa/i tersebut.

Para peserta berpendapat bahwa workshop yang mereka ikuti memiliki kegunaan yang sangat besar bagi mereka. Mereka mengekspresikan bahwa mereka sangat tertarik dengan workshop yang mereka pilih.

Kelompok siswa/i kelas 12 menyediakan kegiatan workshop yang unik di mana para siswa/i diberikan modal sebesar  satu hingga dua juta rupiah dari sekolah untuk menjalankan sebuah bisnis kecil bagi acara workshop ini. Dengan modal itu diharapkan dapat membuat sebuah produk baik makanan, barang, ataupun jasa yang mereka dapat jual kepada guru dan murid sekolah SMAK PENABUR Gading Serpong. Dari workshop yang diadakan, kami menemukan beberapa bisnis yang menyenangkan bagi para pembeli, dari jasa pijat sampai memancing bebek.

Siswa kelas 12 yang diinterview Vanesya Eunice Djaya dan Clarissa Amanda Arif mengungkapkan memiliki sentimen yang sama terhadap kegiatan workshop yang mereka lakukan. Mereka memang mengakui bahwa mereka menghadapi berbagai halangan dalam proses persiapan produk, tetapi mereka tetap berusaha keras untuk memberikan yang terbaik bagi workshop mereka. Pada akhirnya, mereka juga sangat berantusias dalam keberhasilan kegiatan workshop mereka.

Drs.Thomas Kristo sangat mengekspresikan bapak/ibu guru selaku panitai pelaksana, bahwa kegiatan workshop pada tahun ini semoga dapat memberikan pelajaran yang sangat penting bagi siswa/i bagi para siswa supaya mereka dapat terus mengembangkan bakat mereka yang akhirnya dapat mereka pakai untuk masa yang mendatang. Ia mengatakan bahwa untuk para kelas 12, mereka dapat mempelajari tiga hal penting yaitu leadership, kerja sama, dan pengetahuan.

Tentunya dengan kegiatan ini, Thomas Kristo berharap acara ini dapat memberikan pelajaran dan pengalaman yang penting bagi seluruh siswa/i SMAK PENABUR Gading Serpong.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home