Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:30 WIB | Selasa, 05 April 2022

Sri Lanka: Semua Menteri Mundur, Oposisi Tolak Bentuk Pemerintah Bersama

Protes menentang Presiden Gotabaya Rajapaksa atas krisis ekonomi dan pemberlakukan keadaan darurat.
Protes warga Sri Lanka menuntut presiden Gotabaya Rajapaksa mengundurkan diri di Kolombo, Sri Lanka, Senin, 4 April 2022. (Foto: AP/Eranga Jayawardena)

COLOMBO, SATUHARAPAN.COM-Partai oposisi terbesar Sri Lanka menolak undangan presiden untuk membentuk pemerintah persatuan. Protes berlanjut pada hari Senin (4/4) atas krisis ekonomi terburuk negara itu dan memperdalam ketidakpercayaan pada kepemimpinannya.

Semua 26 menteri Kabinet menyerahkan pengunduran diri mereka hari Minggu (3/4) malam setelah ribuan orang menentang keadaan darurat dan jam malam dan bergabung dengan protes jalanan mencela pemerintah.

Pernyataan hari Senin dari kantor Presiden Gotabaya Rajapaksa, yang mengambil alih kekuasaan darurat melalui dekrit pada hari Jumat tengah malam, mengatakan dia “mengundang semua partai politik yang diwakili di Parlemen untuk bersama-sama menerima portofolio menteri untuk menemukan solusi bagi krisis nasional ini.”

Partai politik oposisi terbesar, United People's Force atau SJB, langsung menolak usulan pemerintah persatuan. “Rakyat di negara ini ingin Gotabaya dan seluruh keluarga Rajapaksa pergi, dan kami tidak dapat melawan kehendak rakyat, dan kami tidak dapat bekerja bersama para koruptor,” kata pejabat tinggi SJB, Ranjth Madduma Banadara, kepada The Associated Press.

SJB memiliki 54 anggota parlemen di 225 anggota DPR. Penolakannya terhadap permintaan presiden kemungkinan akan mengakibatkan ketidakpastian dan protes lanjutan, yang diadakan di seluruh negeri pada hari Senin. Jam malam di seluruh negeri dicabut pada Senin pagi.

Presiden dan kakak laki-lakinya, Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa, terus memegang kekuasaan, meskipun keluarga mereka yang kuat secara politik menjadi fokus kemarahan publik.

Dua saudara lelaki lainnya, Menteri Keuangan Basil Rajapaksa dan Menteri Irigasi Chamal Rajapaksa, termasuk di antara mereka yang mengundurkan diri, bersama dengan putra perdana menteri, Menteri Olahraga Namal Rajapaksa.

Pengunduran diri itu dilihat sebagai upaya keluarga untuk menenangkan kemarahan publik sambil mempertahankan kekuasaan eksekutif, pertahanan, dan pembuat undang-undang. Pejabat tinggi Bank Sentral, yang dituduh melakukan salah urus ekonomi, juga mengundurkan diri pada hari Senin.

Selama beberapa bulan, warga Sri Lanka telah mengalami antrean panjang untuk membeli bahan bakar, gas untuk memasak, makanan dan obat-obatan, yang sebagian besar datang dari luar negeri dan dibayar dengan mata uang keras. Kekurangan bahan bakar telah menyebabkan pemadaman listrik bergilir yang berlangsung beberapa jam sehari.

Tingkat krisis menjadi jelas ketika Sri Lanka tidak dapat membayar impor bahan pokok, karena utangnya yang besar dan cadangan devisa yang berkurang. Cadangan devisa negara yang dapat digunakan dikatakan kurang dari US$ 400 juta, menurut para ahli, dan memiliki hampir US$7 miliar dalam kewajiban utang luar negeri untuk tahun ini saja.

Sementara itu, sekutu utama koalisi presiden yang berkuasa menarik dukungan pada hari Senin, melemahkan kendalinya di Parlemen.

Partai Kebebasan Sri Lanka, yang terdiri dari 14 dari hampir 150 anggota koalisi yang berkuasa, akan bertindak secara independen mulai hari Selasa (5/4), ketika Parlemen bertemu, kata pejabat partai Mahinda Amaraweera kepada wartawan.

Polisi menggunakan meriam air untuk membubarkan pengunjuk rasa yang marah yang berbaris menuju rumah keluarga Rajapaksa di Sri Lanka selatan, menuntut agar mereka mundur. Demonstran yang meneriakkan slogan-slogan juga mengepung rumah para menteri yang mengundurkan diri dan anggota parlemen partai yang berkuasa di beberapa bagian negara itu.

Deklarasi darurat Rajapaksa memberinya kekuasaan yang luas untuk melindungi ketertiban umum, menekan pemberontakan, kerusuhan atau gangguan sipil atau untuk pemeliharaan persediaan penting. Di bawah dekrit tersebut, presiden dapat mengizinkan penahanan, penyitaan properti, dan penggeledahan tempat. Dia juga dapat mengubah atau menangguhkan hukum apa pun kecuali konstitusi.

Presiden pada hari Senin berjani empat menteri kabinet sementara untuk melanjutkan fungsi utama pemerintah urusan luar negeri dan keuangan, dan untuk membantu memimpin kelompok parlemen partai yang berkuasa.

Warga Sri Lanka, termasuk para profesional, pelajar, dan keluarga dengan anak kecil, menentang keputusan darurat dan jam malam pada hari Minggu untuk menuntut pengunduran diri presiden.

“Di negara ini sangat sulit,” kata Inoma Fazil, seorang perancang busana yang membawa putrinya yang berusia 18 bulan ke sebuah protes di pinggiran Kolombo Rajagiriya pada hari Minggu. “Kami tidak ingin meninggalkan negara dan pergi, dan kami ingin memberi anak kami masa depan yang baik, tetapi semua orang mencuri uang kami. Jadi kami datang ke sini untuknya dan anak-anak lainnya.”

Dua orang tua baru bergabung dalam rapat umum langsung dari rumah sakit dengan bayi mereka yang baru lahir. Mereka disambut dengan sorak-sorai oleh para pengunjuk rasa, yang menyanyikan lagu kebangsaan dan mengibarkan bendera dan plakat.

Selama hampir 15 jam, pihak berwenang memblokir akses ke Facebook, Twitter, YouTube, WhatsApp, dan platform media sosial lainnya yang digunakan untuk mengatur protes.

Rajapaksa bulan lalu mengatakan pemerintahnya sedang dalam pembicaraan dengan Dana Moneter Internasional dan telah beralih ke China dan India untuk pinjaman, dan mengimbau orang untuk membatasi penggunaan bahan bakar dan listrik dan "memperluas dukungan mereka ke negara." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home