Loading...
INDONESIA
Penulis: Tunggul Tauladan 14:01 WIB | Sabtu, 11 Oktober 2014

Sri Sultan HB X: “Saya Baru Sekali Ini Naik Tank”

Sri Sultan HB X: “Saya Baru Sekali Ini Naik Tank”
Warga bwerkesempatan naik tank bersama TNI di Alun-alun Utara, Yogyakarta. (Foto-foto: Tunggul Tauladan)
Sri Sultan HB X: “Saya Baru Sekali Ini Naik Tank”
Anak-anak memanfaatkan kesempatan yang langka untuk naik ke atas tank dan berfoto.

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dipamerkan di Alun-alun Utara, Yogyakarta, pada Jumat-Sabtu, 10-11/10). Selain pameran, pada Sabtu (11/10) juga diadakan konvoi kendaraan lapis baja tersebut melewati jalan-jalan protokol di Kota Yogyakarta.

Salah satu yang ikut dalam konvoi tersebut adalah Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Ditemui awak media seusai berkonvoi naik tank, Sri Sultan HB X menuturkan pameran itu memang permintaan khusus darinya kepada TNI AD. Dengan pameran tersebut, ia berharap TNI bisa terus menjalin kebersamaan dengan masyarakat.

“Saya hanya menginginkan bagaimana supaya TNI bersama masyarakat menjadi satu posisi di dalam kebersamaan. Karena bagaimanapun anggota TNI juga merupakan warga masyarakat yang berada di dalam masyarakat. Ini merupakan simbol kebersamaan, agar di antara keduanya tidak punya jarak," ujar Sri Sultan HB X.

Tentang konvoi yang baru saja dilakukan, Sri Sultan HB X mengakui itu pengalaman pertamanya naik tank. Gubernur DIY ini mengaku belum pernah merasakan sensasi naik tank, apalagi melewati jalanan di Kota Yogyakarta.

 “Baru sekali ini naik tank,” ujar Sri Sultan HB X sembari tersenyum.

Komandan Korem 072/ Pamungkas, Brigjen TNI Sabrar Fadhilah menjelaskan pameran itu diadakan, salah satunya, dengan tujuan sebagai wujud pertanggungjawaban TNI kepada masyarakat yang telah membeli persenjataan dengan menggunakan uang rakyat. Selain itu, juga menunjukkan TNI mampu menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pameran ini merupakan wujud pertanggungjawaban TNI kepada masyarakat, bahwa inilah barang-barang yang kita beli untuk menjaga kedaulatan negara kita. Saya kira, saya sebagai TNI bangga sekali punya alat-alat seperti ini. Saya kira kebanggaan yang sama juga dirasakan oleh masyarakat dan rakyat Indonesia karena kita bisa menjaga kedaulatan negara kita,” ujar jenderal bintang satu ini.  

Alutsista yang dipamerkan di Alun-alun Utara tersebut sebelumnya dipakai untuk unjuk kekuatan dalam perayaan HUT TNI ke-69 di Surabaya, Jawa Timur. Dalam perjalanan pulang ke homebase di Cirebon, Bandung, dan Jakarta, Gubernur DIY Sri Sultan HB X secara khusus meminta kepada TNI untuk singgah semalam di Yogyakarta dan memamerkan Alusista TNI AD tersebut kepada masyarakat. Pameran tersebut menampilkan beberapa jenis kendaraan tempur terbaru yang dimiliki TNI AD, di antaranya 4 unit Tank Leopard buatan Jerman, 2 unit Tank Marder, 5 unit Tank M 113 A1, Armoured Personnel Carrier, Panser Anoa, dan Panhard dari Yogyakarta.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home