Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 19:30 WIB | Jumat, 25 Maret 2022

Stop Impor Gas dari Rusia, Eropa Dapat Pasokan 15 Miliar Meter Kubik LNG dari AS

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, Presiden AS, Joe Biden, Kanselir Jerman, Olaf Scholz, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida dan Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, berpose selama KTT G7 di Brussels, Belgia, 24 Maret 2022. (Foto: Reuters)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat akan bekerja untuk memasok 15 miliar meter kubik (bcm) gas alam cair (LNG) ke pasar Uni Eropa tahun ini, karena Eropa berusaha untuk menghentikan pasokan gas Rusia, menurut lembar fakta yang disediakan oleh Gedung Putih.

Presiden AS, Joe Biden ,dan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, pada hari Jumat (25/3) mengumumkan pembentukan gugus tugas pada hari Jumat untuk mengurangi ketergantungan Eropa pada bahan bakar fosil Rusia setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Komisi itu juga akan bekerja dengan negara-negara UE untuk memastikan mereka dapat menerima sekitar 50 bcm LNG tambahan hingga setidaknya tahun 2030, kata lembar fakta yang disediakan oleh Gedung Putih.

Belum jelas apakah itu merujuk pada jumlah tambahan untuk 22 bcm ekspor AS tahun lalu ke Uni Eropa.

Blok tersebut telah meningkatkan upaya untuk mengamankan lebih banyak LNG setelah pembicaraan dengan sejumlah negara pemasok, menghasilkan rekor pengiriman 10 bcm LNG di lebih dari 120 kapal pada bulan Januari.

Bulan itu, pengiriman AS naik menjadi 4,4 bcm, sekitar dua kali lipat jumlah normal untuk Januari.

Sekitar 10 persen kebutuhan gas UE dipenuhi oleh produksi dalam negeri. Rusia biasanya memasok sekitar 41 persen dari kebutuhan blok lainnya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home