Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 10:38 WIB | Jumat, 11 Maret 2022

Joe Biden Perintahkan Larang Impor Minyak dari Rusia

Presiden Joe Biden mengumumkan larangan impor minyak Rusia, memperberat kerugian ekonomi Rusia sebagai pembalasan atas invasinya ke Ukraina, hari Selasa, 8 Maret 2022, di Ruang Roosevelt di Gedung Putih di Washington. (Foto: AP/Andrew Harnik)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Menyerang lebih keras pada ekonomi Rusia, Presiden Joe Biden pada hari Selasa (8/3) memerintahkan larangan impor minyak Rusia sebagai pembalasan atas serangan gencar Vladimir Putin di Ukraina.

Ini adalah tindakan perdagangan utama, menanggapi permohonan pemimpin Ukraina yang diperangi, mendorong AS ke front ketika negara-negara Barat berusaha menghentikan invasi Putin. Orang Amerika juga akan merasakan sakit, di pompa bensin, dan Biden mengakui itu, menyatakan, “membela kebebasan akan membutuhkan biaya.”

Impor telah menjadi kelalaian mencolok dalam sanksi besar-besaran yang diberlakukan pada Rusia atas invasi. Ekspor energi telah membuat aliran uang tunai tetap mengalir ke Rusia meskipun ada pembatasan ketat pada sektor keuangannya.

“Kami tidak akan menjadi bagian dari mensubsidi perang Putin,” kata Biden, menyebut tindakan baru itu sebagai “pukulan kuat” terhadap kemampuan Rusia untuk mendanai serangan yang sedang berlangsung.

Biden mengatakan AS bertindak dalam konsultasi erat dengan sekutu Eropa, yang lebih bergantung pada pasokan energi Rusia dan yang dia akui mungkin tidak dapat segera bergabung. Pengumuman tersebut menandai upaya Biden terbaru untuk memutuskan Rusia dari sebagian besar ekonomi global dan memastikan bahwa invasi Ukraina merupakan kerugian strategis bagi Putin, bahkan jika ia berhasil merebut wilayah itu.

“Ukraina tidak akan pernah menjadi kemenangan bagi Putin,” kata Biden.

Volodimir Zelenskyy Memuji Tindakan Biden

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, dalam sebuah tweet memuji tindakan Biden: “Bersyukur atas kepemimpinan pribadi AS dan @POTUS yang menyerang jantung mesin perang Putin dan melarang minyak, gas, dan batu bara dari pasar AS. Dorong negara dan pemimpin lain untuk mengikuti.”

Uni Eropa pekan ini akan berkomitmen untuk menghapus ketergantungannya pada Rusia untuk kebutuhan energi sesegera mungkin, tetapi mengisi kekosongan tanpa melumpuhkan ekonomi UE kemungkinan akan memakan waktu. Inggris, yang tidak lagi menjadi bagian dari UE, hari Selasa mengumumkan bahwa minyak dan produk minyak dari Rusia akan dihapus secara bertahap pada akhir tahun.

Berbeda dengan AS, yang merupakan produsen minyak dan gas utama, Eropa bergantung pada impor untuk 90% gasnya dan 97% produk minyaknya. Rusia memasok 40% gas Eropa dan seperempat minyaknya. AS tidak mengimpor gas alam Rusia.

Masalah sanksi minyak telah menciptakan konflik bagi presiden antara kepentingan politik di dalam negeri dan upaya untuk membebankan biaya pada Rusia. Meskipun minyak Rusia hanya merupakan sebagian kecil dari impor AS, Biden mengatakan dia enggan untuk melarangnya, memotong pasokan di sini dan mendorong harga bensin lebih tinggi.

Inflasi berada pada puncaknya selama 40 tahun, sebagian besar didorong oleh harga gas, dan itu dapat merugikan Biden menjelang pemilihan paruh waktu bulan November.

“Perang Putin sudah merugikan keluarga Amerika di pompa bensin,” kata Biden, menambahkan, “Saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk meminimalkan kenaikan harga Putin di sini.”

Harga gas telah naik selama berminggu-minggu karena konflik dan untuk mengantisipasi sanksi potensial pada sektor energi Rusia. Harga rata-rata untuk satu galon bensin di AS mencapai rekor US$ 4,17 Selasa, naik 10 sen dalam satu hari, dan naik 55 sen sejak pekan lalu, menurut klub otomotif AAA.

Biden mengatakan dapat dimengerti bahwa harga naik, tetapi memperingatkan industri energi AS terhadap "kenaikan harga yang berlebihan" dan mengeksploitasi konsumen.

Bahkan sebelum larangan AS, banyak perusahaan energi Barat termasuk ExxonMobil dan BP memutuskan hubungan dengan Rusia dan membatasi impor. Shell, yang membeli pengiriman minyak Rusia akhir pekan ini, meminta maaf atas langkah tersebut pada hari Selasa di tengah kritik internasional dan berjanji untuk menghentikan pembelian lebih lanjut pasokan energi Rusia.

Data awal dari Departemen Energi AS menunjukkan impor minyak mentah Rusia turun menjadi nol pada pekan terakhir di bulan Februari.

Pada tahun 2021, AS mengimpor sekitar 245 juta barel minyak mentah dan produk minyak bumi dari Rusia, peningkatan satu tahun sebesar 24%, menurut Administrasi Informasi Energi AS.

“Ini adalah langkah penting untuk menunjukkan kepada Rusia bahwa energi ada di atas meja,” kata Max Bergmann, mantan pejabat Departemen Luar Negeri yang sekarang menjadi rekan senior di Pusat Kemajuan Amerika yang condong ke Demokrat.

Bergmann mengatakan tidak mengherankan bahwa AS mampu mengambil langkah ini sebelum negara-negara Eropa, yang lebih bergantung pada energi Rusia. “Semua ini dilakukan secara terkoordinasi, meski langkahnya tidak simetris,” katanya. "Kami berbicara dengan mereka terus-menerus."

Gedung Putih mengatakan larangan pembelian baru berlaku segera tetapi pemerintah mengizinkan "penurunan" 45 hari untuk pengiriman lanjutan berdasarkan kontrak yang ada.

Pengumuman Gedung Putih datang di tengah tekanan bipartisan di Capitol Hill untuk melarang energi Rusia dan memaksakan lainnya biaya ekonomi. Pekan lalu, Ketua Kongres Nancy Pelosi memberikan dorongan besar ketika dia menyatakan, “Larang.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home