Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:07 WIB | Jumat, 08 Maret 2024

Tahun 2023 Iran Eksekusi Hukuman Mati 834 Orang, Tertinggi Sejak 2015

Kelompok-kelompok menuduh Iran menggunakan hukuman mati untuk menyebarkan ketakutan di masyarakat setelah protes yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini pada September 2022. (Foto: dok. AFP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Iran mengeksekusi mati secara “mengejutkan” setidaknya 834 orang pada tahun lalu, jumlah tertinggi sejak 2015 ketika hukuman mati melonjak di republik Islam itu, kata dua kelompok hak asasi manusia pada hari Selasa (5/3).

Jumlah eksekusi mati yang dilakukan Iran dengan cara digantung dalam beberapa tahun terakhir, meningkat sekitar 43 persen pada tahun 2022.

Ini merupakan kedua kalinya dalam dua dekade bahwa lebih dari 800 eksekusi tercatat dalam satu tahun, setelah 972 eksekusi pada tahun 2015, kata Hak Asasi Manusia Iran (IHR) yang berbasis di Norwegia dan Together Against the Death Penalty yang berbasis di Paris dalam laporan bersama.

Kelompok-kelompok tersebut menuduh Iran menggunakan hukuman mati untuk menyebarkan ketakutan ke seluruh masyarakat setelah protes yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini di tahanan polisi pada September 2022 yang mengguncang pihak berwenang.

“Menanamkan ketakutan masyarakat adalah satu-satunya cara rezim untuk mempertahankan kekuasaan, dan hukuman mati adalah instrumen yang paling penting,” kata Direktur IHR, Mahmood Amiry-Moghaddam, dalam laporannya, yang menggambarkan angka 834 orang sebagai “jumlah yang mengejutkan.”

Iran telah mengeksekusi sembilan orang dalam kasus yang terkait dengan serangan terhadap pasukan keamanan selama protes tahun 2022 – dua pada tahun 2022, enam pada tahun 2023 dan sejauh ini satu orang pada tahun 2024 – menurut kelompok hak asasi manusia.

Namun hukuman mati telah ditingkatkan untuk dakwaan lain, terutama dalam kasus terkait narkoba, yang hingga beberapa tahun terakhir mengalami penurunan.

“Yang menjadi perhatian khusus adalah peningkatan dramatis jumlah eksekusi terkait narkoba pada tahun 2023, yang meningkat menjadi 471 orang, lebih dari 18 kali lebih tinggi dibandingkan angka yang tercatat pada tahun 2020,” kata laporan tersebut.

Anggota etnis minoritas, terutama Sunni Baluch dari tenggara Iran, “sangat banyak jumlahnya di antara mereka yang dieksekusi” atas tuduhan terkait narkoba, katanya.

Setidaknya 167 anggota minoritas Baluch dieksekusi secara total, yang merupakan 20 persen dari total eksekusi pada tahun 2023, meskipun minoritas tersebut hanya berjumlah sekitar lima persen dari populasi Iran.

Direktur ECPM, Raphael Chenuil-Hazan, mengatakan “kurangnya reaksi” dari Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) mengirimkan “sinyal yang salah kepada pihak berwenang Iran.”

Sebagian besar hukuman gantung di Iran dilakukan di dalam penjara tetapi laporan tersebut mengatakan bahwa pada tahun 2023 jumlah hukuman gantung yang dilakukan di depan umum di Iran meningkat tiga kali lipat dari tahun 2022, dengan tujuh orang digantung di ruang publik.

Setidaknya 22 perempuan dieksekusi, yang merupakan jumlah tertinggi dalam satu dekade terakhir, kata laporan itu.

Lima belas dari mereka digantung atas tuduhan pembunuhan dan LSM telah lama memperingatkan bahwa perempuan yang membunuh pasangan atau kerabatnya berisiko digantung.

Pada tahun 2023, hanya 15 persen dari eksekusi yang tercatat diumumkan oleh media resmi Iran, dan IHR mengonfirmasi eksekusi lainnya dengan sumbernya sendiri.

Amiry-Moghaddam menyatakan keprihatinannya bahwa kurangnya kemarahan internasional terhadap eksekusi tersebut, khususnya dengan perhatian yang terfokus pada perang Gaza antara Israel dan Hamas, hanya mendorong republik Islam tersebut untuk melakukan lebih banyak hukuman gantung.

“Inkonsistensi dalam reaksi masyarakat internasional terhadap eksekusi di Iran sangat disayangkan dan memberikan sinyal yang salah kepada pihak berwenang,” katanya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home