Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:05 WIB | Rabu, 04 Mei 2022

Taiwan Potong Masa Karantina COVID-19 dari 10 Menjadi Tujuh Hari

Orang-orang mengantre untuk mendapatkan tes penyakit virus corona (COVID-19) mereka di bandara Songshan menyusul peningkatan jumlah kasus yang ditularkan secara lokal di Taipei, Taiwan, tahun lalu. (Foto: dok. Reuters)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Taiwan memotong masa karantina COVID-19 menjadi tujuh hari dari 10 hari karantina wajib untuk semua kedatangan. Pelonggaran aturan terbaru yang diumumkan hari Selasa (3/5) itu untuk mencoba hidup dengan COVID-19 dan melanjutkan kehidupan normal bahkan ketika jumlah infeksi domestik melonjak.

Taiwan telah mempertahankan aturan karantinanya karena sebagian besar wilayah Asia lainnya telah melonggarkan atau mencabutnya sepenuhnya. Sebelumnya negara ini telah mengurangi waktu yang dihabiskan dalam isolasi dari dua pekan menjadi 10 hari pada bulan Maret.

Taiwan telah melaporkan sekitar 125.000 kasus domestik sejak awal tahun, didorong oleh varian Omicron yang lebih menular. Dengan lebih dari 99 persen dari mereka yang tidak menunjukkan gejala atau gejala ringan, pemerintah telah melonggarkan daripada memperketat pembatasan dalam upaya yang disebutnya "model baru Taiwan.”

Pusat Komando Epidemi Pusat Taiwan mengatakan pelonggaran aturan karantina, yang mulai berlaku hari Senin mendatang, dibuat karena masa inkubasi Omicron yang singkat dan untuk mempertimbangkan “pemeliharaan kapasitas pencegahan pandemi domestik, kegiatan sosial-ekonomi, dan pengendalian risiko yang efektif.”

Semua pendatang masih harus mengikuti tes PCR setelah mencapai Taiwan, dan pada hari ketujuh karantina akan dilepaskan selama mereka negatif dari tes cepat, katanya. Persyaratan untuk tes PCR negatif diwajibkan sebelum keberangkatan tetap berlaku.

Karantina untuk kontak dekat pasien yang terinfeksi sekarang menjadi tiga hari, karena pemerintah berupaya mengurangi beban pejabat yang mengawasi mereka yang diisolasi, sementara jumlah infeksi domestik terus meningkat.

Pemerintah belum memberikan jadwal untuk sepenuhnya membuka kembali perbatasannya, dan pembatasan tetap berlaku bagi siapa yang dapat berkunjung. Warga negara dan penduduk asing bebas untuk datang dan pergi tetapi sebagian besar pengunjung lain memerlukan izin khusus. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home