Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:50 WIB | Kamis, 13 Januari 2022

Taiwan Temukan Puing Pesawat Tempur F-16V Yang Jatuh ke Laut

Sebuah pesawat temput F-16V tampil di komisi skuadron pertama pesawat tempur F-16V yang ditingkatkan di Pangkalan Angkatan Udara Chiayi, Chiayi, Taiwan, 18 November 2021. (Foto: dok. Reuters)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Tim penyelamat Taiwan pada hari Rabu (12/1) menemukan puing-puing jet tempur F-16V yang jatuh ke laut sehari sebelumnya. Kejadian ini kurang dari dua bulan setelah pulau itu meluncurkan skuadron pertama pesawat tempur paling canggihnya.

Jet itu menghilang dari layar radar sekitar setengah jam setelah lepas landas untuk misi pelatihan rutin dari pangkalannya di Taiwan barat daya pada hari Selasa. Angkatan udara mengatakan jet itu jatuh ke laut tanpa tanda-tanda pilot berusia 28 tahun itu meloncat tepat waktu.

Pusat penyelamatan nasional mengatakan puing-puing pesawat telah ditemukan tetapi tidak ada tanda-tanda keberadaan pilot setelah pencarian sepanjang malam yang melibatkan beberapa helikopter, kapal penjaga pantai dan lebih dari 60 pejabat.

Insiden itu telah memberikan pukulan bagi skuadron baru F-16V buatan Amerika Serikat yang ditugaskan pada November saat Taiwan meningkatkan armadanya yang menua di tengah meningkatnya ketegangan dengan China. Angkatan udara untuk sementara mengkandangkan seluruh armada F16-nya.

Beijing mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai bagian dari wilayahnya dan telah berjanji untuk mengambilnya suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu. Di bawah Presiden Xi Jinping, China telah meningkatkan tekanan ekonomi, diplomatik dan militer terhadap Taiwan.

Angkatan udara Taiwan telah mengalami serangkaian kecelakaan fatal dalam beberapa tahun terakhir karena terus berada di bawah tekanan China, yang telah meningkatkan serangan ke zona pertahanan udaranya sejak 2020.

Tahun lalu, Taiwan mencatat 969 serangan oleh pesawat tempur China ke zona pertahanan udaranya, menurut data base yang dikumpulkan oleh AFP, lebih dari dua kali lipat dari sekitar 380 yang dilakukan pada tahun 2020.

Maret lalu, Taiwan mengkandangkan semua pesawat militer setelah seorang pilot tewas dan satu lagi hilang ketika pesawat tempur mereka bertabrakan di udara dalam kecelakaan fatal ketiga dalam waktu kurang dari enam bulan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home