Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 10:45 WIB | Selasa, 29 Maret 2022

Taliban Larang Siaran BBC dalam Tiga Bahasa Lokal Afghanistan

Seorang pria Afghanistan mengendarai sepedanya melewati sebuah toko yang menjual bahan bakar di Kabul, Afghanistan. (Foto: dok. Reuters)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Taliban melarang siaran berita televisi BBC dalam tiga bahasa utama Afghanistan, kata organisasi berita Inggris itu.

Seorang juru bicara Kementerian Kebudayaan dan Informasi pemerintahan Taliban tidak menanggapi permintaan komentar.

“Buletin berita TV BBC dalam bahasa Pashto, Persia, dan Uzbekistan telah disiarkan di Afghanistan setelah Taliban memerintahkan mitra TV kami untuk menghapus siaran internasional dari gelombang udara,” kata Tarik Kafala, kepala bahasa di BBC World Service, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (27/3).

“Ini adalah perkembangan yang mengkhawatirkan pada saat ketidakpastian dan turbulensi bagi rakyat Afghanistan,” kata Kafala, menyerukan agar larangan itu dicabut.

Lebih dari enam juta warga Afghanistan mengkonsumsi berita BBC setiap pekan dan sangat penting bahwa mereka tidak ditolak aksesnya, tambahnya.

Sejak Taliban mengambil alih kekuasaan pada bulan Agustus, banyak kelompok hak asasi dan jurnalis telah menyuarakan keprihatinan tentang prospek kebebasan berbicara di Afghanistan. PBB telah mengkritik penangkapan beberapa wartawan.

Taliban mengatakan mereka tidak akan mencari pembalasan terhadap orang-orang yang tidak mereka setujui dan mereka akan memberikan hak-hak setiap orang sesuai dengan hukum Islam dan budaya Afghanistan. Mereka mengatakan setiap insiden pelecehan tertentu akan diselidiki.

Misi PBB di Afghanistan mengutuk penghapusan buletin BBC. "Perkembangan mengerikan lainnya ... langkah represif lainnya terhadap rakyat Afghanistan," kata Misi Bantuan PBB di Afghanistan di Twitter. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home