Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:02 WIB | Kamis, 12 Maret 2020

Tangkal Virus Corona, India Kampanye Namaste over Handshake

Pemerintah Karnataka meluncurkan kampanye 'Namaste over Handshake' untuk membendung COVID-19. (Foto: aninews.in)

MUMBAI, SATUHARAPAN.COM – Dalam upaya melindungi masyarakat dari infeksi virus corona baru, Negara Bagian Karnataka di India barat daya, meluncurkan kampanye Namaste over Handshake untuk menangkal penyebaran penyakit itu.

Namaste atau Namaskar adalah tradisi mengucapkan salam di India, dengan cara mengatupkan kedua tangan tanpa bersentuhan dengan lawan bicara. Praktik ini dilakukan di subbenua India, begitu juga di kalangan diaspora India di seluruh dunia.

Pemerintah Karnataka meluncurkan kampanye di media sosial, yang tak hanya mengimbau masyarakat untuk memberi salam tradisional India, tetapi juga menyampaikan pesan kesehatan tentang cara melindungi diri dari infeksi, dengan mencuci tangan secara rutin untuk mencegah penyebaran penyakit, kata pejabat departemen kesehatan negara bagian itu.

Berbicara kepada media, Menteri Pendidikan Kesehatan Medis Karnataka K Sudhakar mengatakan, pihaknya mengupayakan untuk melaksanakan gagasan itu, sementara negara bagian yang bertetangga, Kerala, telah menjalankannya.

Menurut data terbaru Pemerintah India yang dirilis Rabu (11/3) sore, tercatat 60 kasus positif coronavirus di negara tersebut, termasuk tiga pasien di Negara Bagian Kerala, India selatan, yang telah dipulangkan.

Sejak informasi terbaru pada Selasa (10/3), 10 kasus baru dilaporkan, dengan delapan di antaranya terjadi di Kerala, sementara masing-masing satu kasus terjadi di Rajasthan dan Delhi, India utara. (Xinhua/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home