Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:20 WIB | Kamis, 09 Mei 2024

Tentara Israel: Roket dari Rafah Menargetkan Penyeberangan Utama Gaza

Biden mengatakan bom yang dipasok AS ke Israel digunakan untuk membunuh warga sipil Palestina.
Anak-anak Palestina berjalan melewati reruntuhan setelah pemboman Israel di distrik Tal al-Sultan Rafah di Jalur Gaza selatan pada hari Selasa, 7 Mei 2024. (Foto: AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Tentara Israel mengatakan penyeberangan Kerem Shalom, yang merupakan kunci operasi bantuan Gaza, kembali menjadi sasaran tembakan roket pada hari Rabu (8/5) yang “melukai ringan” seorang tentara.

“Delapan peluncuran diidentifikasi melintasi dari wilayah Rafah ke wilayah Kerem Shalom”, sebuah pernyataan militer berbunyi, menambahkan bahwa “akibat peluncuran tersebut, seorang tentara IDF (tentara) terluka ringan.”

Tentara Israel mengatakan telah membuka kembali penyeberangan Kerem Shalom pada Rabu pagi. Tempat itu ditutup selama tiga hari setelah serangan roket Hamas pada hari Minggu (5/5) yang menewaskan empat tentara. Peluncuran roket lainnya menargetkan penyeberangan pada hari Senin.

“Truk dari Mesir yang membawa bantuan kemanusiaan, termasuk makanan, air, peralatan penampungan, obat-obatan dan peralatan medis yang disumbangkan oleh komunitas internasional sudah tiba di persimpangan,” kata militer pada Rabu (8/5) dalam pernyataan bersama dengan COGAT, badan kementerian pertahanan yang mengawasi urusan sipil Palestina.

Badan PBB untuk Pengungsi Palestina, UNRWA, mengatakan penyeberangan tetap ditutup.

Selama hari Senin-Selasa, pasukan Israel menguasai sisi Palestina di penyeberangan Rafah antara Gaza dan Mesir setelah melancarkan serangan ke sektor timur kota tersebut.

Juru bicara UNRWA Juliette Touma mengatakan penyeberangan Rafah sangat penting bagi UNRWA, badan bantuan utama yang beroperasi di Gaza. “Kami biasanya mendapatkan bahan bakar melalui Rafah,” bukan Kerem Shalom, kata Touma.

Tanpa bahan bakar yang masuk ke Gaza melalui Rafah, truk tidak dapat mengambil bantuan dari Kerem Shalom, tambahnya. “Tidak ada pasokan kemanusiaan selama tiga hari terakhir. Kami sudah mulai menjatah bahan bakar,” katanya, seraya menambahkan bahwa wilayah tersebut membutuhkan 300.000 liter (79.250 galon) bahan bakar sehari untuk tujuan kemanusiaan.

Bom AS

Sementera itu, dilaporkan bahwa sekutu paling setia Israel, Amerika Serikat, juga menyerukan pembukaan kembali kedua penyeberangan tersebut.

Presiden AS Joe Biden pada hari Rabu (8/5) secara terbuka memperingatkan Israel untuk pertama kalinya bahwa AS akan berhenti memasok senjata jika pasukan Israel melakukan invasi besar-besaran ke Rafah, sebuah kota yang dipenuhi pengungsi di Gaza selatan.

“Saya tegaskan bahwa jika mereka masuk ke Rafah…, saya tidak akan memasok senjata yang pernah digunakan dalam sejarah untuk menghadapi Rafah, untuk menangani kota-kota – yang menangani masalah tersebut,” kata Biden dalam sebuah wawancara dengan CNN.

Komentar Biden mewakili bahasa publiknya yang paling kuat hingga saat ini dalam upayanya untuk mencegah serangan Israel di Rafah, sekaligus menggarisbawahi keretakan yang semakin besar antara AS dan sekutu terkuatnya di Timur Tengah.

Biden mengakui senjata AS telah digunakan oleh Israel untuk membunuh warga sipil di Gaza, tempat Israel melancarkan serangan selama tujuh bulan yang bertujuan untuk memusnahkan Hamas. Kampanye Israel sejauh ini telah menewaskan 34.789 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, kata Kementerian Kesehatan Gaza.

“Warga sipil telah terbunuh di Gaza sebagai akibat dari bom-bom tersebut dan cara-cara lain yang mereka lakukan untuk menyerang pusat-pusat pemukiman,” katanya ketika ditanya tentang bom seberat 2.000 pon yang dikirim ke Israel.

Seorang pejabat senior AS, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan bahwa Washington telah meninjau dengan cermat pengiriman senjata yang mungkin digunakan di Rafah dan sebagai hasilnya menghentikan pengiriman yang terdiri dari 1.800 bom seberat 2.000 pon (907 kg) dan 1.700 bom seberat 500 pon.

Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan, awal pekan ini menyebut keputusan Washington untuk menunda pengiriman “sangat mengecewakan” meskipun ia tidak yakin AS akan berhenti memasok senjata ke Israel.

Israel pekan ini menyerang Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mengungsi, namun Biden mengatakan dia tidak menganggap serangan Israel sebagai invasi skala penuh karena serangan tersebut tidak menyerang “pusat populasi.”

Wawancara tersebut dirilis beberapa jam setelah Menteri Pertahanan Lloyd J. Austin III secara terbuka mengakui keputusan Biden pekan lalu untuk menunda pengiriman ribuan bom berat karena kekhawatirannya terhadap Rafah, di mana Washington menentang invasi besar-besaran Israel tanpa perlindungan sipil.

Serangan Israel di Gaza dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel. Serangan ini menewaskan sekitar 1.200 orang dan sekitar 250 lainnya diculik, 133 di antaranya diyakini masih ditahan di Gaza, menurut penghitungan Israel.

Amerika Serikat sejauh ini merupakan pemasok senjata terbesar ke Israel, dan mereka mempercepat pengirimannya setelah serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober.

Pada tahun 2016, pemerintah AS dan Israel menandatangani Nota Kesepahaman 10 tahun ketiga yang memberikan bantuan militer sebesar US$38 miliar selama 10 tahun, hibah sebesar US$33 miliar untuk membeli peralatan militer, dan US$5 miliar untuk sistem pertahanan rudal. Bulan lalu, kongres menyetujui US$26miliar dana tambahan untuk Israel.

Biden mengatakan AS akan terus memberikan senjata pertahanan kepada Israel, termasuk sistem pertahanan udara Iron Dome. “Kami akan terus memastikan Israel aman dalam hal Iron Dome dan kemampuan mereka menanggapi serangan yang terjadi di Timur Tengah baru-baru ini,” katanya. “Tapi itu salah. Kami tidak akan melakukannya – kami tidak akan memasok senjata dan peluru artileri.”

Biden juga mengatakan kepada CNN bahwa dia bekerja sama dengan negara-negara Arab yang siap membangun kembali Gaza dan membantu transisi menuju solusi dua negara, menyusul perang antara Hamas dan Israel. (AFP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home