Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:23 WIB | Jumat, 10 Mei 2024

Aktivis: Serangan Paramiliter di Darfur, Sudan, Kemungkinan Merupakan Genosida

Pejuang Gerakan Pembebasan Sudan, kelompok pemberontak Sudan yang aktif di Negara Bagian Darfur, Sudan, yang mendukung panglima militer Abdel Fattah al-Burhan, menghadiri upacara wisuda di negara bagian Gedaref tenggara pada 28 Maret 2024. (Foto: dok. AFP)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM-Serangkaian serangan yang dilakukan pasukan paramiliter Sudan di wilayah barat Darfur meningkatkan kemungkinan terjadinya “genosida” terhadap komunitas etnis non Arab, kata Human Rights Watch pada hari Kamis (9/5).

Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter, bersama dengan milisi sekutu, telah banyak dituduh melakukan pembersihan etnis, kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang dalam perang mereka dengan tentara reguler, yang dimulai pada bulan April 2023.

Perang tersebut telah menewaskan puluhan ribu orang, termasuk hingga 15.000 orang di kota El-Geneina di Darfur Barat, menurut para ahli PBB.

Kawasan ini menjadi fokus laporan HRW setebal 186 halaman yang berjudul “‘Massalit Will Not Come Home’: Ethnic Cleansing and Crimes Against Humanity in El-Geneina, West Darfur, Sudan.” Ini menggambarkan “kampanye pembersihan etnis terhadap etnis Massalit dan populasi non Arab lainnya.”

Dari akhir April hingga awal November tahun lalu, RSF dan milisi sekutunya “melakukan kampanye sistematis untuk menyingkirkan, termasuk dengan membunuh, warga etnis Massalit,” menurut HRW.

Kekerasan, termasuk kekejaman seperti penyiksaan massal, pemerkosaan dan penjarahan, mencapai puncaknya pada pertengahan Juni – ketika ribuan orang terbunuh dalam beberapa hari – dan meningkat lagi pada bulan November.

Pengacara hak asasi manusia setempat mengatakan mereka telah melacak pola di mana para pejuang menargetkan “anggota terkemuka komunitas Massalit,” termasuk dokter, pembela hak asasi manusia, pemimpin lokal dan pejabat pemerintah.

HRW menambahkan bahwa para penyerang “secara metodis menghancurkan infrastruktur sipil yang penting,” terutama di komunitas yang terdiri dari pengungsi Massalit.

Citra satelit menunjukkan bahwa sejak bulan Juni, lingkungan yang didominasi Massalit di El-Geneina telah “dibongkar secara sistematis, banyak di antaranya menggunakan buldoser, sehingga mencegah warga sipil yang melarikan diri untuk kembali ke rumah mereka,” lapor HRW.

HRW mengatakan serangan-serangan tersebut merupakan “pembersihan etnis” karena tampaknya bertujuan untuk “setidaknya membuat mereka meninggalkan wilayah tersebut secara permanen.”

Konteks pembunuhan tersebut lebih lanjut “meningkatkan kemungkinan bahwa RSF dan sekutunya mempunyai niat untuk menghancurkan secara keseluruhan atau sebagian Massalit di setidaknya Darfur Barat, yang menunjukkan bahwa genosida telah dan/atau sedang dilakukan di sana,” itu menambahkan.

Kekejaman Berskala Besar

HRW menyerukan penyelidikan terhadap niat genosida, memberikan sanksi yang ditargetkan kepada mereka yang bertanggung jawab dan mendesak PBB untuk “memperluas embargo senjata terhadap Darfur hingga mencakup seluruh Sudan.”

Pengadilan Kriminal Internasional, yang saat ini menyelidiki pembunuhan berbasis etnis di Darfur, mengatakan bahwa mereka mempunyai “alasan untuk percaya” bahwa baik paramiliter maupun tentara melakukan “kejahatan (menurut) Statuta Roma,” yang mencakup kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida.

Dan pada bulan Desember, Amerika Serikat mengatakan bahwa pasukan Sudan yang bersaing telah melakukan kejahatan perang dalam konflik brutal mereka, dan menuduh RSF melakukan pembersihan etnis dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Lebih dari setengah juta warga Sudan telah melarikan diri dari kekerasan dari Darfur ke Chad, menurut angka terbaru PBB.

Pada akhir Oktober, 75 persen dari mereka yang melintasi perbatasan berasal dari El-Geneina, kata HRW.

Sekitar 400 kilometer (250 mil) timur El-Geneina, semua mata saat ini tertuju pada El-Fasher di Darfur Utara, satu-satunya ibu kota negara bagian yang tidak berada di bawah kendali RSF.

Amerika Serikat telah memperingatkan akan adanya bencana yang “sangat besar” jika RSF melanjutkan serangan yang diperkirakan terjadi, karena penduduk khawatir nasib yang sama akan menimpa El-Geneina.

“Ketika Dewan Keamanan PBB dan pemerintah menyadari bencana yang akan terjadi di El-Fasher, kekejaman berskala besar yang dilakukan di El-Geneina harus dilihat sebagai pengingat akan kekejaman yang bisa terjadi jika tidak ada tindakan bersama,” kata Direktur eksekutif HRW, Tirana Hassan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home