Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:24 WIB | Senin, 20 Februari 2023

Tentara Pakistan dan Taliban Afghanistan Saling Tembak di Perbatasan

Tentara berjaga selama penutupan sementara titik penyeberangan Gerbang Persahabatan di kota perbatasan Pakistan-Afghanistan Chaman, Pakistan 2 September 2021. (Foto: dok. Reuters)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM - Penjaga perbatasan Pakistan dan pasukan Taliban Afghanistan saling tembak di lintas perbatasan pada Senin (20/2) pagi, kata para pejabat, sehari setelah penguasa Taliban Afghanistan menutup perbatasan Torkham di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua tetangga.

Belum ada kabar segera tentang korban di kedua sisi.

Pada hari Minggu, Taliban Afghanistan menutup Torkham, rute perdagangan utama, atas dugaan penolakan Pakistan untuk mengizinkan pasien Afghanistan dan perawat mereka memasuki Pakistan untuk perawatan medis tanpa dokumen perjalanan, kata pejabat keamanan Pakistan. Mereka berbicara dengan syarat anonim untuk membahas masalah perbatasan.

Khalid Khan, seorang pejabat polisi Pakistan setempat, mengkonfirmasi penutupan perbatasan dan apa yang dia gambarkan sebagai baku tembak intermiten di Torkham, yang terletak di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa barat laut Pakistan.

Militer Pakistan dan Kementerian Luar Negeri tidak segera memberikan komentar.

Mullah Mohammad Siddiq, seorang komisaris yang ditunjuk Taliban di Torkham, mengatakan Pakistan tidak mematuhi “komitmennya, sehingga titik penyeberangan ditutup.” Namun dia tidak merinci.

Siddiq menyarankan warga Afghanistan untuk menghindari perjalanan ke perbatasan, yang terletak di sisi Afghanistan di Provinsi Nangarhar timur negara itu, sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Tembakan dan tembak-menembak lintas batas sering terjadi di sepanjang perbatasan Afghanistan-Pakistan. Masing-masing pihak di masa lalu telah menutup Torkham, dan juga penyeberangan perbatasan Chaman di barat daya Pakistan, karena berbagai alasan.

Kedua penyeberangan itu penting bagi Afghanistan yang terkurung daratan untuk perdagangan dan perjalanan.

Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan pada Agustus 2021 ketika pasukan Amerika Serikat dan NATO ditarik dari negara itu setelah perang selama 20 tahun. Seperti negara-negara lain di dunia, Pakistan sejauh ini tidak mengakui pemerintah Taliban di Afghanistan.

Komunitas internasional telah mewaspadai tindakan keras Taliban, yang diberlakukan sejak pengambilalihan mereka, terutama dalam membatasi hak-hak perempuan dan minoritas.

Pakistan telah menyaksikan lonjakan serangan militan sejak November, ketika Taliban Pakistan mengakhiri gencatan senjata selama sebulan dengan pemerintah. Taliban Pakistan - Tehrik-e-Taliban Pakistan atau TTP yang dilarang - adalah kelompok militan terpisah tetapi bersekutu dengan Taliban Afghanistan.

Islamabad telah menuntut Taliban Afghanistan berhenti menawarkan perlindungan bagi militan Pakistan dan mencegah peluncuran serangan lintas-perbatasan di Pakistan.

Sejak pengambilalihan Taliban, pemerintah di Islamabad telah mengizinkan warga Afghanistan yang sakit parah atau terluka untuk memasuki Pakistan untuk perawatan medis bersama dengan sejumlah pengasuh. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home