Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 21:21 WIB | Senin, 02 Februari 2015

Terpukul, Istri Goto Tetap Bangga Atas Suaminya

Junko Ishido, ibu Kenji Goto, berbicara kepada wartawan di kediamannya di Tokyo, Jepang, Minggu (1/2). (Foto: Yuya Shino/Reuters)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Berita kematian wartawan Kenji Goto yang dieksekusi mati kelompok militan membuat Rinko Jogo, istrinya, dan keluarganya sangat terpukul.

Mengeluarkan pernyataan dalam bahasa Inggris melalui sebuah kelompok jurnalis berbasis di London, Rory Peck Trust,  yang mendukung aktivitas para jurnalis lepas, Rinko Jogo mengatakan bahwa Goto bukan hanya suami yang ia cintai dan ayah dari dua anak mereka, tapi juga merupakan putra, saudara, dan kawan bagi banyak orang di seluruh dunia.

Meskipun secara pribadi merasakan kehilangan sangat besar, ia tetap merasa sangat bangga atas suaminya yang telah membuat laporan atas nasib orang-orang di kawasan konflik seperti Irak, Somalia, dan Suriah.

Ia mengungkapkan, suaminya memiliki semangat untuk menyoroti dampak konflik kepada orang-orang biasa, terutama melalui mata anak-anak kecil, dan untuk memberitahu semua orang tentang tragedi perang.

Dalam pernyataannya, Rinko Jogo juga minta semua orang untuk menghormati privasi keluarga di masa-masa sulit dalam upaya memulihkan diri dari kepedihan, dan berterima kasih atas dukungan banyak kalangan.

Asosiasi Wartawan Jepang Kecam ISIS

Sementara itu, NHK juga memberitakan Asosiasi Wartawan Nasional Jepang mengecam atas apa yang tampak sebagai pembunuhan yang dilakukan militan ISIS (juga dikenal NIIS, ISIL, atau IS, Red) terhadap warga negara Jepang yang sebelumnya disandera.

Dalam pernyataan disebutkan, pelaku pembunuhan sandera Jepang termasuk insiden penembakan mematikan di sebuah kantor majalah mingguan Prancis, mencoba untuk membenarkan tindakan mereka atas nama Islam.

Disebutkan, kedua insiden tersebut pada kenyataannya adalah tindakan terorisme yang mengancam jurnalisme. Ditambahkan, Asosiasi Wartawan Nasional Jepang tidak pernah menoleransi tindakan semacam itu. (nhk.or.jp/cbc.ca)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home