Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 06:00 WIB | Sabtu, 25 Mei 2024

Thailand Bawa Pulang Patung Berusia 1.000 Tahun dari Museum Metropolitan New York

Sebelumnya patung itu diperdagangkan secara ilegal.
Seorang warga Thailand melihat patung Siwa dari abak ke-11 selama acara pemulangannya ke Museum di Bankok, Thailand, hari Selasa (21/5). (Foto AP/Sakchai Lalit)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM-Museum Nasional Thailand mengadakan upacara penyambutan pada hari Selasa (21/5) untuk dua patung kuno yang diperdagangkan secara ilegal dari Thailand oleh seorang kolektor barang antik Inggris dan dikembalikan dari koleksi Museum Seni Metropolitan New York.

Benda-benda tersebut, mpatung perunggu tinggi yang disebut Siwa Berdiri atau Anak Emas dan patung lebih kecil bernama Wanita Berlutut – diperkirakan berusia sekitar 1.000 tahun.

Pemulangan karya seni terbaru ini terjadi ketika banyak museum di Amerika Serikat dan Eropa memperhitungkan koleksi yang berisi benda-benda yang dijarah dari Asia, Afrika, dan tempat lain selama berabad-abad kolonialisme atau masa pergolakan.

Museum Metropolitan telah mengumumkan pada bulan Desember lalu bahwa mereka akan mengembalikan lebih dari selusin artefak ke Thailand dan Kamboja setelah artefak tersebut dikaitkan dengan mendiang Douglas Latchford, seorang pedagang dan kolektor seni yang dituduh menjalankan jaringan penyelundupan barang antik yang sangat besar di Asia Tenggara.

Dia didakwa di Amerika Serikat pada tahun 2019 karena diduga mengatur skema jangka panjang untuk menjual barang antik Kamboja yang dijarah ke pasar seni internasional. Latchford, yang meninggal pada tahun berikutnya, membantah terlibat dalam penyelundupan.

Berbicara pada upacara hari Selasa (21/5), kurator seni Asia dan Asia Tenggara di Metropolitan Museum, John Guy, menyebut karya-karya yang dikembalikan tersebut sebagai “mahakarya yang tak tertandingi” pada masanya dan mengatakan penyerahan tersebut adalah “momen yang sangat berarti untuk mengakui pentingnya budaya dan seni Thailand di dunia."

“Met memprakarsai pengembalian kedua benda tersebut setelah meninjau informasi dan menetapkan bahwa karya tersebut adalah milik Kerajaan Thailand,” katanya.

“Pengembalian ini menyusul peluncuran Metropolitan’s Cultural Property Initiative tahun lalu, sebuah inisiatif yang didorong oleh komitmen Met terhadap pengumpulan barang antik secara bertanggung jawab dan pengelolaan bersama atas warisan budaya dunia,” kata Guy kepada audiensnya di Bangkok.

Menteri Kebudayaan Thailand, Sudawan Wangsuphakijkosol, menyampaikan rasa terima kasih negaranya atas pengembalian barang-barang tersebut. “Artefak yang diterima Thailand dari Met ini adalah aset nasional seluruh warga Thailand,” katanya.

Bulan lalu, Museum Metropolitan menandatangani nota kesepahaman di New York dengan Thailand “yang meresmikan komitmen bersama untuk berkolaborasi dalam pertukaran seni, keahlian, dan pameran serta studi seni Thailand.”

Pernyataan tersebut juga menjelaskan bahwa museum baru-baru ini menangani masalah kontroversial kekayaan budaya dan cara mendapatkannya.

Dikatakan bahwa langkah-langkahnya mencakup “tinjauan terfokus terhadap karya-karya dalam koleksi; mempekerjakan peneliti asal untuk bergabung dengan banyak peneliti dan kurator yang telah melakukan pekerjaan ini di Museum; lebih melibatkan staf dan pengawas; dan menggunakan platform The Met untuk mendukung dan berkontribusi pada wacana publik tentang topik ini.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home