Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 08:14 WIB | Jumat, 24 Mei 2024

Sherpa Nepal Mendaki Puncak Everest untuk Pecahkan Rekor 30 Kali

Sherpa Nepal Mendaki Puncak Everest untuk Pecahkan Rekor 30 Kali
Kami Rita, Sherpa berusia 53 tahun, seorang Pendaki Gunung Nepal yang mendaki Gunung Everest sebanyak 28 kali, dikelilingi oleh sertifikat Rekor Dunia Guinness sebelumnya, berpose untuk berfoto di apartemen sewaannya di Kathmandu, Nepal 28 Mei 2023. (Foto: dok. Ruuters/Navesh Chitrakar)
Sherpa Nepal Mendaki Puncak Everest untuk Pecahkan Rekor 30 Kali
Kami Rite dengan sertifikat pendakian ke puncak Everest ke-28. (Foto: dok. Reuters)
Sherpa Nepal Mendaki Puncak Everest untuk Pecahkan Rekor 30 Kali
Puncak Everest. (Foto: dok. Reuters)

KATHMANDU, SATUHARAPAN.COM-Seorang pemandu pendakian, Sherpa, asal Nepal berhasil mencapai puncak Gunung Everest untuk yang ke-30 kalinya pada hari Rabu (22/5), kata seorang pejabat, pendakian keduanya dalam 10 hari.

Pendaki biasa diketahui membutuhkan waktu beberapa hari untuk mendaki puncak Everest, dan sangat jarang bagi pendaki gunung yang melakukan banyak pendakian dalam waktu singkat.

Kami Rita Sherpa, 54 tahun, mencapai puncak setinggi 8.849 meter (29.032 kaki) melalui rute punggung bukit tradisional tenggara, kata pejabat pariwisata Nepal Khim Lal Gautam.

Kami Rita telah mendaki puncaknya untuk ke-29 kalinya pada 12 Mei.

Dia “memecahkan rekornya sendiri… ini menandai pendakiannya yang ke-30 ke puncak dunia,” kata Gautam, kepala kantor lapangan pemantauan dan fasilitasi ekspedisi di base camp, dalam sebuah postingan di situs media sosial X.

Kami Rita pertama kali mendaki Everest pada tahun 1994, dan sejak itu ia terus melakukannya hampir setiap tahun, kecuali selama tiga tahun ketika pihak berwenang menutup gunung tersebut karena berbagai alasan.

Pendaki sherpa lainnya telah mendaki Everest sebanyak 27 kali, puncak terbanyak setelah Kami Rita.

Mendaki gunung adalah kegiatan pariwisata utama, sumber pendapatan dan lapangan kerja di Nepal, yang merupakan rumah bagi delapan dari 14 puncak tertinggi di dunia.

Rincian perjalanan pendakian Kami Rita pada Rabu pagi telah ditunggu, kata para pejabat. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home