Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 10:45 WIB | Minggu, 07 April 2024

Thailand Buat Rencana Damai Atasi Konflik dengan Monyet di Kota Wisata Lopburi

Monyet-monyet makan buah selama festival monyet di Provinsi Lopburi, Thailand, hari Minggu (27/11/2022). (Foto: dok. AP. Chalida EKvitthayavechnukul)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM-Pejabat satwa liar Thailand pada hari Rabu (3/4) menyusun rencana untuk membawa perdamaian ke kota tengah Thailand setelah setidaknya satu dekade konflik manusia-monyet.

Kera yang berkeliaran di Lopburi merupakan simbol budaya lokal dan daya tarik wisata utama. Namun setelah bertahun-tahun mengalami pertemuan berbahaya dengan penduduk dan pengunjung serta beberapa upaya gagal untuk mewujudkan perdamaian melalui pengendalian populasi, masyarakat dan dunia usaha lokal sudah muak.

Monyet-monyet tersebut sering kali mencoba merebut makanan dari manusia, terkadang mengakibatkan pergolakan yang dapat menyebabkan orang tercakar dan cedera lainnya. Namun kemarahan meningkat pada bulan Maret ketika seorang perempuan mengalami dislokasi lutut setelah seekor monyet menariknya untuk mengambil makanan, dan seorang pria lainnya terjatuh dari sepeda motor oleh seekor monyet yang lapar.

Pihak berwenang berharap dapat mengumpulkan sekitar 2.500 monyet perkotaan dan menempatkan mereka di kandang besar, kata Athapol Charoenshunsa, direktur jenderal Departemen Taman Nasional, Margasatwa, dan Konservasi Tumbuhan. Mereka akan bekerja sama dengan para ahli satwa liar untuk menemukan cara agar monyet dalam jumlah terbatas tetap bebas di kota, tambahnya.

“Saya tidak ingin manusia menyakiti monyet, dan saya tidak ingin monyet menyakiti manusia,” katanya kepada wartawan saat konferensi pers di Bangkok.

Kampanye penangkapan monyet resmi diluncurkan pada pekan ini, dengan memprioritaskan pejantan alfa yang lebih agresif. Sejauh ini pihaknya telah menangkap 37 monyet, sebagian besar telah ditempatkan di bawah perawatan otoritas satwa liar di provinsi tetangga, Saraburi, sementara yang lain dikirim ke kebun binatang Lopburi.

Para pejabat mengatakan mereka berencana untuk menangkap monyet-monyet lainnya setelah kandang selesai dibangun, terutama yang berada di kawasan pemukiman. Kandang terpisah akan disiapkan untuk pasukan monyet yang berbeda untuk mencegah mereka berkelahi.

Athapol mengatakan dia memperkirakan tahap pertama operasi akan dimulai dalam beberapa pekan, dan yakin kandang besar tersebut akan mampu menampung ribuan ekor dan “akan menyelesaikan masalah dengan sangat cepat.”

Monyet adalah simbol dari provinsi tersebut, sekitar 140 kilometer (90 mil) sebelah utara Bangkok, tempat kuil kuno Tiga Pagoda merayakan festival tahunan “Prasmanan Monyet”, dan mereka sering terlihat di seluruh kota. Kera diklasifikasikan sebagai spesies yang dilindungi berdasarkan undang-undang konservasi satwa liar Thailand.

Beberapa orang menyalahkan masalah monyet di kota ini karena wisatawan dan penduduk yang memberi makan hewan-hewan tersebut, yang menurut mereka menarik monyet ke kota dan meningkatkan jumlah mereka, serta membuat mereka terbiasa mendapatkan makanan dari manusia.

Namun upaya sebelumnya untuk membatasi pemberian makan mungkin malah memperburuk keadaan, kata beberapa warga. Pejabat setempat mulai mengancam denda karena memberi makan monyet di luar beberapa kawasan yang ditentukan di sekitar tempat wisata utama dalam beberapa tahun terakhir.

Namun wilayah makan tersebut didominasi oleh beberapa pasukan makhluk yang sangat teritorial, sementara kelompok saingannya semakin kelaparan dan semakin mengganggu manusia di wilayah lain untuk mendapatkan makanan.

Athapol mengatakan masyarakat tidak boleh melihat monyet sebagai hewan liar, karena pihak berwenang mungkin tidak cukup efisien dalam mengendalikan populasi kera.

Masyarakat juga perlu beradaptasi dengan monyet-monyet di kota tersebut, kata Phadej Laithong, direktur Kantor Konservasi Margasatwa, menjelaskan bahwa kurangnya sumber makanan alami mendorong hewan-hewan tersebut mencari makanan di mana pun mereka bisa, termasuk dari manusia.

Upaya pengendalian yang dilakukan sebelumnya telah gagal. Dari tahun 2014-2023, otoritas satwa liar mensterilkan sekitar 2.600 monyet Lopburi.

Athapol mengatakan mereka juga bekerja di wilayah lain di Thailand yang menghadapi masalah dengan monyet, seperti Prajuab Kiri Khan dan Phetchaburi. Dia mengatakan 52 dari 77 provinsi di negara tersebut melaporkan masalah yang sering terjadi akibat monyet. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home