Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 08:20 WIB | Rabu, 16 Desember 2015

The Fed Dijadwalkan Umumkan Kenaikan Bunga Hari Ini

Ketua The Federal Reserve, AS, Janet Yellen (Foto: blogs.wsj.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Bank Sentral Amerika Serikat (The Federal Reserve) dijadwalkan akan mengumumkan keputusannya tentang kemungkinan menaikkan suku bunga acuan pada hari Rabu (16/12) siang pukul 14:00 waktu AS atau pukul 02;00 dini hari di Indonesia.

Reuters melaporkan, pasar umumnya memperkirakan The Fed akan menaikkan bunga dari mendekati nol selama ini ke 0,25-0,50 persen.

Keputusan tersebut akan diikuti dengan konferensi pers Ketua The Fed, Janet Yellen, untuk menguraikan pernyataan kebijakan terbaru bank sentral.

Pasar uang dan pasar modal AS menyambut positif tentang kemungkinan naiknya  suku bunga tersebut. Indeks saham AS naik sekitar satu persen, imbal hasil obligasi bergerak lebih tinggi, dan analis mengatakan bahwa setelah beberapa minggu mengantisipasi kemungkinan itu, keputusan mengejutkan untuk tidak menaikkan bunga -- apabila itu yang diambil oleh The Fed -- akan menjadi pilihan yang lebih mengganggu.

"Mengingat kuatnya sinyal yang dikirim, kredibilitas The Fed akan hancur jika tidak melakukan kenaikan bunga," mantan Menteri Keuangan AS, Larry Summers, seorang yang awalnya sangat skeptis akan kebutuhan untuk menaikkan suku bunga sekarang, mengatakan dalam sambutannya yang dipublikasikan Selasa (15/12) di situsnya.

Kenaikan suku bunga akan membedakan The Fed dari bank sentral utama lainnya di belahan dunia, termasuk dengan bank sentral Jepang di Tokyo, bank sentral Jerman di Frankfurt,  dan bank sentral Tiongkok di Beijing, yang semuanya tengah berjuang untuk merangsang ekonomi mereka untuk menghasilkan pertumbuhan.

Namun, kenaikan bunga pada hari ini --bila diputuskan demikian -- masih merupakan tahap yang sangat awal dan kebijakan moneter AS masih tetap relatif longgar.

Para pejabat The Fed  juga telah mengisyaratkan bahwa mereka akan bertindak hati-hati untuk memelihara pemulihan masih dalam tahap permulaan.

Menurut Reuters, pasar dan analis akan fokus menyimak bahasa yang tepat yang digunakan oleh The Fed dalam pernyataannya,  untuk membenarkan keputusan menaikkan bunga dan menjelaskan bagaimana langkah kedua dan selanjutnya.

Pada hari-hari yang akan datang The Fed harus membuktikan bahwa piranti kebijakan baru mereka harus efektif untuk mengelola suku bunga dan akan bekerja seperti yang diharapkan.

Sampai September lalu, para pejabat The Fed masih berkeyakinan bahwa mereka akan menaikkan suku bunga empat kali sepanjang tahun 2016.

Untuk dianggap sukses, The Fed perlu membuktikan bahwa kenaikan suku bunga ini akan diikuti oleh pertumbuhan ekonomi yang meningkat tahun depan, pengangguran yang rendah dan tingkat inflasi yang lebih tinggi.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home