Loading...
OLAHRAGA
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 11:12 WIB | Rabu, 13 September 2023

Tidak Melulu Prestasi Akademik, Peserta Didik SMAK 1 PENABUR Persembahkan Medali Emas di Ajang POPNAS XVI

Alvin Rafael Putra Yudhistira dan Jennifer Colin, peserta didik SMAK 1 PENABUR (Foto : BPKPJakarta)

Jakarta, Satuharapan.com, Sejak berdiri pada tahun 1950, SMAK 1 PENABUR Jakarta dikenal sebagai sekolah unggulan dengan banyak prestasi akademik. Namun tidak hanya itu, masih dalam semarak Hari Olahraga Nasional (Haronas) 2023, dua peserta didiknya berhasil mengharumkan nama sekolah dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI yang digelar pada 26 Agustus - 4 September 2023 di Palembang, Sumatera Selatan.

Mereka adalah Alvin Rafael Putra Yudhistira dan Jennifer Colin, peserta didik SMAK 1 PENABUR, masing-masing tergabung dalam tim basket putra dan putri provinsi DKI Jakarta.

Perjalanan Alvin dan Jennifer melaju ke POPNAS XVI cukup panjang, “Kami berlatih selama 7 bulan sebelum mengikuti pertandingan, mulai dari seleksi sampai pembentukan tim.” kenang Alvin.

Proses seleksi tahap awal dimulai pada bulan Maret, dari 40 pemain terbaik terpilihlah 25 pemain. Tiga bulan kemudian seleksi kembali diadakan dan hanya 18 pemain yang berhasil disaring. Mereka mengikuti try out dengan bertanding di Bali dan dari sana terpilih 15 pemain. Setelah itu, ke 15 pemain tersebut mengikuti training camp yang digelar di Ragunan, Jakarta dan 12 pemain terbaik DKI Jakarta akhirnya terpilih untuk berlaga di POPNAS XVI,  Palembang.

Alvin dan Jennifer mengakui banyak faktor yang mendukung mereka berhasil meraih emas dalam ajang ini, seperti sikap pantang menyerah, semangat, dan tim yang siap serta kompak. 

Keberhasilan Alvin dan Jennifer juga tak terlepas dari  peran pelatih dan teman satu tim mereka “KRIZA” klub basket SMAK 1 PENABUR. 

“Kerja keras, disiplin waktu, kerja sama, berani mengambil keputusan, dan bertanggung jawab adalah nilai-nilai yang saya dapatkan selama bergabung di KRIZA. Tidak hanya berguna dalam kehidupan sehari-hari, nilai-nilai tersebut pun berhasil mengantarkan saya meraih prestasi di ajang POPNAS XVI,” tutur Jennifer, yang juga bersama KRIZA menjuarai ajang Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series-West Region. 

Alvin membagikan tips dan trik agar dapat mencetak lebih banyak skor pada saat bertanding basket :

1. Defense

Defense yang bagus dapat memunculkan peluang untuk intercept bola dengan melakukan fast break.

2. Rebound 

Dengan melakukan rebound , maka bisa mendapatkan seconde chance.

3. Kecepatan

Berlari dengan kecepatan tinggi dapat membuat kesempatan mencetak skor lebih banyak. Untuk itu melatih fisik setiap hari agar lebih kuat berlari penting dilakukan.

Alvin dan Jennifer memberikan pesan kepada peserta didik lainnya agar terus mengembangkan diri, tidak hanya dalam hal akademik, tetapi juga non akademik seperti mengikuti ekstrakurikuler basket.

“Dalam mengikuti klub basket di sekolah kalian harus rajin-rain latihan, jangan malas, harus konsisten, terus berjuang, dan selalu semangat pantang menyerah. Mari buktikan bahwa kita dapat bersinar, tidak hanya di ruang kelas tetapi juga di lapangan pertandingan.” tutup Alvin dan Jennifer.

 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home