Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:58 WIB | Senin, 13 Maret 2023

Tiga Tahun COVID-19, Hampir Tujuh Juta Meninggal, dan Virus Masih Bertahan

Sekarang, setiap hari virus membunuh antara 900 dan 1.000 orang.
Warga Venezuela Luis Zerpa, dari kiri, Luis Brito dan Jhoan Faneite, membawa kantong jenazah berisi jenazah Marcos Espinoza berusia 51 tahun yang diduga meninggal karena virus corona baru, menuruni bukit curam menuju mobil jenazah yang menunggu di lingkungan kelas pekerja dekat Pachacamac, situs kuil Inca, di pinggiran Lima, Peru, Jumat, 8 Mei 2020. "Setiap hari saya mempercayakan diri kepada Tuhan agar tidak tertular penyakit," kata Faneite, yang bekerja sebagai tukang listrik di negara asalnya Venezuela sebelum bermigrasi ke Peru pada 2018 bersama istri dan anak tirinya di tengah krisis ekonomi selama bertahun-tahun di negara asalnya. (Foto: dok. AP/Rodrigo Abd)

SATUHARAPAN.COM-Memasuki tahun ketiga pandemi COVID-19, virus ini masih menyebar dan jumlah kematian mendekati tujuh juta di seluruh dunia. Namun kebanyakan orang telah melanjutkan kehidupan normal mereka, berkat kekebalan yang dibangun dari infeksi dan vaksin.

Virus muncul di sini untuk tinggal, bersama dengan ancaman versi yang lebih berbahaya untuk menyapu planet ini.

“Varian baru yang muncul di mana saja mengancam kita di mana saja,” kata peneliti virus Thomas Friedrich dari University of Wisconsin-Madison. “Mungkin itu akan membantu orang untuk memahami betapa terhubungnya kita.”

Dengan mengeringnya sumber informasi, semakin sulit untuk mengawasi pandemi. Universitas Johns Hopkins pada hari Jumat (10/3) menutup pelacak tepercaya, yang dimulai segera setelah virus muncul di China dan menyebar ke seluruh dunia.

Hari Sabtu )11/3) menandai tiga tahun sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pertama kali menyebut wabah itu sebagai pandemi pada 11 Maret 2020, dan organisasi kesehatan PBB itu mengatakan belum siap untuk mengatakan keadaan darurat telah berakhir.

Dimana kita sekarang berdiri pada pandemi ini?

Virus COVID-19 Masih Membunuh 900 Orang Setiap Hari

Dengan pandemi yang masih membunuh 900 hingga 1.000 orang per hari di seluruh dunia, virus tersembunyi di balik COVID-19 belum kehilangan kekuatannya. Ini menyebar dengan mudah dari orang ke orang, menunggangi tetesan pernapasan di udara, membunuh beberapa korban, tetapi meninggalkan sebagian besar untuk bangkit kembali tanpa banyak bahaya.

“Apa pun yang dilakukan virus hari ini, ia masih berupaya menemukan jalur kemenangan lain,” kata Dr. Eric Topol, kepala Institut Riset Scripps di California.

Kami menjadi mati rasa terhadap jumlah kematian harian, kata Topol, tetapi kami harus melihatnya terlalu tinggi. Pertimbangkan bahwa di Amerika Serikat, rawat inap harian dan kematian, meskipun lebih rendah dari puncak terburuk, belum turun ke tingkat terendah yang dicapai selama musim panas 2021 sebelum gelombang varian Delta.

Setiap saat, virus dapat berubah menjadi lebih menular, lebih mampu menghindari sistem kekebalan atau lebih mematikan. Topol mengatakan kami belum siap untuk itu. Kepercayaan telah terkikis di lembaga kesehatan masyarakat, melanjutkan eksodus petugas kesehatan masyarakat. Penolakan terhadap perintah tinggal di rumah dan mandat vaksin mungkin merupakan warisan pandemi.

“Saya berharap kita bersatu melawan musuh, virus, alih-alih melawan satu sama lain,” kata Topol.

Melawan Balik

Ada cara lain untuk melihatnya. Manusia membuka kunci kode genetik virus dan dengan cepat mengembangkan vaksin yang bekerja dengan sangat baik. Kami membuat model matematika untuk bersiap menghadapi skenario terburuk. Kami terus memantau bagaimana virus berubah dengan mencarinya di air limbah.

“Pandemi benar-benar mengkatalisasi beberapa ilmu pengetahuan yang luar biasa,” kata Friedrich.

Pencapaian tersebut menambah normal baru di mana COVID-19 “tidak perlu menjadi perhatian utama orang,” kata Natalie Dean, asisten profesor biostatistik di Emory University. "Itu, setidaknya, adalah kemenangan."

Stuart Campbell Ray, seorang ahli penyakit menular di Johns Hopkins, mengatakan varian Omicron saat ini memiliki sekitar 100 perbedaan genetik dari jenis virus corona asli. Itu berarti sekitar 1% genom virus berbeda dari titik awalnya. Banyak dari perubahan itu membuatnya lebih menular, tetapi yang terburuk kemungkinan besar sudah berakhir karena kekebalan populasi.

Matthew Binnicker, seorang ahli infeksi virus di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, mengatakan dunia berada dalam "situasi yang sangat berbeda hari ini daripada tiga tahun lalu, di mana, pada dasarnya, tidak ada kekebalan terhadap virus asli."

Kerentanan ekstrim itu memaksa langkah-langkah yang bertujuan untuk “meratakan kurva”. Bisnis dan sekolah ditutup, pernikahan dan pemakaman ditunda. Masker dan "jarak sosial" kemudian memberi jalan untuk menunjukkan bukti vaksinasi. Sekarang, tindakan pencegahan seperti itu jarang terjadi.

“Kita tidak mungkin kembali ke tempat kita dulu, karena ada begitu banyak virus yang dapat dikenali oleh sistem kekebalan kita,” kata Ray. Kekebalan kita harus melindungi kita "dari yang terburuk dari apa yang kita lihat sebelumnya".

Kurangnya Data Real Time

Pada hari Jumat, Johns Hopkins melakukan pembaruan terakhirnya pada dasbor virus corona gratis dan peta hot-spot dengan jumlah kematian mencapai lebih dari 6,8 juta di seluruh dunia. Sumber pemerintahnya untuk penghitungan waktu nyata telah menurun drastis. Di AS, hanya New York, Arkansas, dan Puerto Rico yang masih menerbitkan jumlah kasus dan kematian setiap hari.

“Kami sangat bergantung pada data publik dan itu tidak ada,” kata Beth Blauer, pemimpin data untuk proyek tersebut.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS masih mengumpulkan berbagai informasi dari negara bagian, rumah sakit, dan laboratorium pengujian, termasuk kasus, rawat inap, kematian, dan jenis virus corona apa yang terdeteksi. Tetapi untuk banyak hal, data yang tersedia sekarang lebih sedikit dan kurang tepat waktu.

“Orang-orang mengharapkan untuk menerima data dari kami bahwa kami tidak akan lagi dapat berproduksi,” kata direktur CDC, Dr. Rochelle Walensky.

Secara internasional, pelacakan COVID-19 oleh WHO bergantung pada pelaporan masing-masing negara. Pejabat kesehatan global telah menyuarakan keprihatinan bahwa jumlah mereka sangat meremehkan apa yang sebenarnya terjadi dan mereka tidak memiliki gambaran sebenarnya tentang wabah tersebut.

Selama lebih dari setahun, CDC telah beralih dari jumlah kasus dan hasil pengujian, sebagian karena peningkatan tes rumahan yang tidak dilaporkan. Agensi berfokus pada rawat inap, yang masih dilaporkan setiap hari, meski bisa berubah. Pelaporan kematian terus berlanjut, meskipun tidak terlalu bergantung pada laporan harian dan lebih banyak pada sertifikat kematian, yang dapat memakan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu.

Pejabat AS mengatakan mereka menyesuaikan diri dengan keadaan, dan mencoba beralih ke sistem pelacakan yang agak mirip dengan cara CDC memantau flu.

Situasi Dulu dan Sekarang

“Saya berharap kita bisa kembali ke sebelum COVID-19,” kata Kelly Forrester, 52 tahun, dari Shakopee, Minnesota, yang kehilangan ayahnya karena penyakit itu pada Mei 2020, selamat dari pertarungannya sendiri pada bulan Desember dan menyalahkan informasi yang salah karena merusak persahabatan lama. "Saya membencinya. Saya sebenarnya membencinya.”

Penyakit itu terasa acak baginya. “Anda tidak tahu siapa yang akan bertahan, siapa yang akan lama menderita COVID-19 atau flu ringan. Dan kemudian orang lain, mereka akan berakhir di rumah sakit dalam keadaan sekarat.”

Ayah Forrester, Virgil Michlitsch yang berusia 80 tahun, seorang pensiunan pengemas daging, pengantar barang dan penjaga sekolah dasar, meninggal di panti jompo bersama istri, anak perempuan dan cucu perempuannya yang berjaga di luar gedung di kursi taman.

Tidak berada di samping tempat tidurnya “adalah hal tersulit,” kata Forrester.

Terinspirasi oleh jumlah korban pandemi, putrinya yang berusia 24 tahun kini mendapatkan gelar master dalam kesehatan masyarakat.

“Ayah saya akan sangat bangga padanya,” kata Forrester. "Saya sangat senang dia mempercayainya, bahwa dia ingin melakukan itu dan membuat segalanya menjadi lebih baik bagi orang-orang." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home