Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 08:52 WIB | Rabu, 17 Maret 2021

Tiga Tewas, Ribuan Luka-luka, pada Perayaan Api Rabu di Iran

Keluarga Iran menyalakan api di luar rumah mereka di Teheran pada hari Selasa (16/3) pada pesta Api Rabu atau Chaharshanbeh Suri, yang diadakan setiap tahun pada Rabu malam terakhir sebelum liburan musim semi di Noruz. (Foto: AFP)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Tiga orang telah tewas dan lebih dari 1.000 orang lainnya terluka di seluruh Iran pada hari Selasa (16/3), ketika banyak orang Iran merayakan festival api dari tradisi kuno menjelang Tahun Baru Iran.

Festival yang dikenal sebagai Chaharshanbeh Suri itu, menurut laporan media setempat, dirayakan pada malam Rabu terakhir sebelum Tahun Baru Iran, Nowruz, yang dimulai pada 20 Maret.

Tiga orang dari provinsi Teheran, Markazi dan Alborz meninggal, dan 1.030 lainnya terluka selama perayaan tersebut, kantor berita semi-resmi, ISNA, melaporkan, mengutip kepala layanan medis darurat Iran, Pirhossein Kolivand.

Tahun baru Iran yang dimulai pada 20 Maret bertepatan dengan hari pertama musim semi di mana penduduk setempat menghidupkan kembali perayaan Zoroastrian dengan menyalakan api dan menari di sekitar nyala api

Setiap tahun, ratusan orang terluka di Chaharshanbeh Suri karena penggunaan kembang api dalam perayaan tersebut.

Dari mereka yang terluka, 200 dirawat di rumah sakit, kata Kolivand. Polisi Iran juga menangkap 25 orang dengan tuduhan "melanggar norma" di ibu kota Teheran, kantor berita semi-resmi, Fars, mengutip seorang pejabat polisi.

Editor : Sabar Subekti

Kampus Maranatha
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home