Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:47 WIB | Sabtu, 18 Maret 2023

Tingkatkan Pertahanan, Australia Beli 220 Rudal Jelajah Tomahawk dari AS

Rudal Serangan Darat Tomahawk (TLAM) diluncurkan dari kapal penjelajah peluru kendali USS Cape St. George (CG 71) yang beroperasi di Laut Mediterania pada 23 Maret 2003. Australia mengatakan berencana membeli hingga 220 rudal jelajah Tomahawk dari Amerika Serikat Negara-negara bagian setelah Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan tersebut pada Jumat, 17 Maret 2023. (Foto: dok. Spesialis Intelijen Kenneth Moll ke-1/Angkatan Laut AS via AP)

CANBERRA, SATUHARAPAN.COM-Australia berencana membeli hingga 220 rudal jelajah Tomahawk dari Amerika Serikat setelah Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan tersebut pada Jumat.

Kesepakatan itu muncul beberapa hari setelah Australia mengumumkan akan membeli kapal selam serang bertenaga nuklir dari AS untuk memodernisasi armadanya di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang pengaruh China di Indo-Pasifik.

Para pejabat Australia mengatakan kapal selam baru bertenaga nuklir akan mampu menembakkan rudal Tomahawk.

Jepang bulan lalu juga mengumumkan rencana untuk meningkatkan militernya dalam upaya menghalangi China, termasuk membeli 400 rudal jelajah Tomahawk untuk ditempatkan paling cepat tahun 2026.

Penjualan rudal ke Australia datang dengan label harga hampir US$ 900 juta (setara Rp 13 triliun). Kontraktor utamanya adalah Raytheon Missiles and Defense yang berbasis di Arizona.

"Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat," kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan. “Australia adalah salah satu sekutu terpenting kami di Pasifik Barat.”

Menteri Pertahanan Australia, Richard Marles, mengatakan negaranya akan bekerja sama dengan AS. “Memastikan kami memiliki rudal serang jarak jauh adalah kemampuan yang sangat penting bagi negara ini,” kata Marles kepada Channel Nine. “Ini memungkinkan kami untuk dapat menjangkau lebih jauh di luar pantai kami, dan pada akhirnya itulah cara kami dapat menjaga keamanan Australia.”

Menteri Industri Pertahanan, Pat Conroy, mengatakan rudal dapat ditembakkan dari kapal selam kelas Virginia yang akan dibeli Australia di bawah apa yang disebut kesepakatan AUKUS.

“Kami tentu menginginkan kemampuan terbaik untuk Angkatan Pertahanan Australia, termasuk kemampuan untuk menyerang lawan sejauh mungkin dari daratan Australia,” katanya kepada Australian Broadcasting Corp. “Rudal jelajah adalah bagian penting dari itu, seperti halnya kapal selam yang meluncurkannya.”

Kesepakatan kapal selam telah menimbulkan kekhawatiran bahwa hal itu dapat membuka jalan bagi aktor jahat untuk menghindari pengawasan nuklir di masa depan. Rafael Grossi, direktur jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA), pekan ini berjanji untuk "sangat menuntut" dalam mengawasi rencana transfer dari AS ke Australia.

Mantan Perdana Menteri Australia, Paul Keating, pekan ini meluncurkan serangan terhadap rencana negaranya, dengan mengatakan bahwa karena biaya yang sangat besar, "itu pasti kesepakatan terburuk sepanjang sejarah."

Pejabat Australia memperkirakan biaya kapal selam antara 268 miliar dan 368 miliar dolar Australia ($ 178- $ 245 miliar) (setara Rp 2.700 triliun-Rp 3.700 triliun) selama tiga dekade.

Perdana Menteri Anthony Albanese mengatakan pemerintah telah transparan tentang biaya tersebut.

“Penilaian yang harus dilakukan adalah apakah pembelian, dan kemudian kita membangun kapal selam bertenaga nuklir kita sendiri, meningkatkan kapasitas kita untuk mempertahankan diri lebih dari 10%? Anda yakin itu benar,” kata Albanese kepada Australian Broadcasting Corp. “Itulah mengapa itu mewakili nilai yang baik.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home