Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:12 WIB | Rabu, 19 April 2017

Tiongkok, AS Kerja Sama Kendalikan Korut

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence (tengah) mengunjungi desa gencaran senjata di Zona Demiliterisasi (DMZ) di perbatasan Korea Selatan-Korea Utara, 17 April 2017. Pence tiba di gerbang zona yang membagi kedua Korea, dalam sebuah langkah yang dilakukan AS sehari setelah uji coba misil Korea Utara yang gagal. (Foto: AFP)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM - Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok bekerja sama “dengan erat” terkait Korea Utara, kata Menteri Pertahanan AS James Mattis pada Selasa (18/4), dua hari setelah uji coba rudal baru Pyongyang.

Uji coba pada Minggu “menunjukkan alasan kami bekerja sama dengan sangat erat dengan Tiongkok, selepas pertemuan di Mar-a-Lago” di Florida antara presiden kedua negara pada bulan ini, ungkap Mattis kepada wartawan.

Upaya Amerika-Tiongkok berusaha “mengendalikan situasi ini dan bertujuan memusnahkan senjata nuklir dari semenanjung Korea” seperti yang diinginkan Tiongkok, Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang, katanya saat dia terbang menuju Timur Tengah untuk mengadakan lawatan.

“Kita semua memiliki kepentingan yang sama.”

Korea Utara mengabaikan tekanan internasional guna melanjutkan upayanya untuk mengembangkan rudal balistik berhulu ledak nuklir yang dapat mencapai daratan AS.

Para pejabat Amerika mengatakan rudal yang diuji tembak pada Minggu meledak beberapa detik setelah diluncurkan.

Korea Utara masih memiliki banyak masalah teknis yang harus dipecahkan, tapi intensitas pengujiannya saat ini mencemaskan pakar strategi Pentagon. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home