Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:37 WIB | Selasa, 22 Mei 2018

Tiongkok Mulai Tahap Pertama Pendaratan di Bulan

Ilustrasi. Roket Long March 4-C diluncurkan dari pangkalan antariksa Taiyuan, provinsi Shanxi, 20 Juli 2013, dan China kembali meluncurkan roket Long March-4C dari Xichang membawa satelit Queqiao ke antariksa, Senin (21/5). (Foto: Voaindonesia.com)

TIONGKOK, SATUHARAPAN.COM – Tiongkok telah memulai tahap pertama rencana yang ambisius, untuk mendaratkan pesawat antariksa di sisi yang jauh dari bulan.

Roket Long March-4C telah diluncurkan dari pangkalan antariksa Xichang, Tiongkok baratdaya Senin (21/5) pagi, membawa satelit Queqiao ke antariksa.

Badan Antariksa Nasional Tiongkok mengatakan, satelit Queqiao akan ditempatkan di orbit kira-kira 455.000 kilometer dari Bumi, di mana satelit itu akan merelai komunikasi antara pengendali di darat dan pesawat penyelidik bulan Chang’e-4 yang akan diluncurkan kemudian tahun ini.

Kalau berhasil, Chang’e-4 akan menjadi pesawat antariksa Tiongkok yang kedua, melakukan pendaratan empuk di bulan, setelah misi penjelajahan bulan tahun 2013.

Tiongkok berencana meluncurkan satu lagi kendaraan bulan tahun depan, Chang’e-5, yang diperkirakan akan mengumpulkan sampel dari permukaan bulan dan membawanya pulang ke Bumi. (Voaindonesia.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home