Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:16 WIB | Senin, 26 September 2022

Topan Kuat, Noru, menerjang Filipina, Lima Tewas

Warga melewati jalan yang banjir akibat Topan Noru di kota San Miguel, Provinsi Bulacan, Filipina, Senin, 26 September 2022. Topan Noru bertiup dari Filipina utara pada hari Senin, menyebabkan beberapa orang tewas, menyebabkan banjir dan pemadaman listrik serta memaksa pejabat untuk menangguhkan kelas dan pekerjaan pemerintah di ibu kota dan provinsi-provinsi terpencil. (Foto: AP/Aaron Favila)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Topan Noru bertiup dari Filipina utara pada hari Senin (26/9), menewaskan lima penyelamat, merobohkan listrik di dua provinsi, menjebak penduduk desa dalam banjir dan memaksa pejabat untuk menangguhkan belajar di sekolah dan kantor pemerintah di dalam dan sekitar ibu kota.

Topan paling kuat yang melanda negara itu tahun ini menghantam pantai di kota Burdeos di Provinsi Quezon sebelum malam tiba pada hari Minggu kemudian melemah saat meluncur semalaman melintasi wilayah utama Luzon, di mana lebih dari 52.000 orang dipindahkan ke tempat penampungan darurat, beberapa secara paksa, kata para pejabat.

Gubernur Daniel Fernando dari Provinsi Bulacan, utara Manila, mengatakan lima penyelamat, yang menggunakan perahu untuk membantu warga yang terjebak dalam air banjir, tertimpa tembok yang runtuh kemudian tampaknya tenggelam di perairan yang mengamuk.

“Mereka adalah pahlawan hidup yang membantu menyelamatkan nyawa warga negara kita dalam bencana,” kata Fernando kepada jaringan radio DZMM. “Ini benar-benar sangat menyedihkan.”

Pihak berwenang secara terpisah mencoba untuk mengkonfirmasi laporan kematian seorang pria di kota Burdeos, di mana yang lain terluka setelah jatuh dari atap yang dia coba perbaiki. Polisi juga memverifikasi bahwa seorang petani hilang setelah desanya terendam banjir di Provinsi Zambales barat.

Lebih dari 17.000 orang dipindahkan ke tempat penampungan darurat dari komunitas berisiko tinggi yang rentan terhadap gelombang pasang, banjir dan tanah longsor di Quezon saja, kata para pejabat.

Lebih dari 3.000 orang dievakuasi ke tempat yang aman di kota metropolitan Manila, yang dilanda angin kencang dan hujan semalaman. Sekolah dan kantor pemerintah menghentikan kegiatan pada Senin di ibu kota dan provinsi-provinsi terpencil sebagai tindakan pencegahan meskipun langit pagi cerah.

Seluruh provinsi utara Aurora dan Nueva Ecija, yang dilanda topan, tetap tanpa listrik pada hari Senin dan kru perbaikan sedang bekerja untuk menghidupkan kembali listrik, Sekretaris Energi Raphael Lotilla mengatakan kepada Presiden Ferdinand Marcos Jr. menilai kerusakan dan mengkoordinasikan tanggap bencana.

Presiden Marcos Jr Meninjau Lokasi

Marcos Jr. memuji para pejabat karena mengevakuasi puluhan ribu orang sebelum topan menerjang, mencegah lebih banyak kematian, tetapi menyatakan keprihatinan tentang bagaimana Noru dan badai lain yang menghancurkan provinsi tengah dan selatan pada bulan Desember dengan cepat meningkat menjadi topan super.

"Apakah ini perubahan iklim?" Marcos Jr., yang mulai menjabat pada Juni, bertanya. “Kami telah mengawasi badai ini untuk waktu yang lama, tetapi sebelumnya tidak seperti ini. ... Ini adalah sesuatu yang harus saya tangani.”

Marcos Jr. kemudian bergabung dengan inspeksi udara di provinsi-provinsi yang dilanda topan di wilayah penanaman padi, di mana banyak desa dan ruas jalan tetap tergenang air.

Topan Super Noru

Noru menjalani "intensifikasi eksplosif" di atas Samudra Pasifik yang terbuka sebelum menghantam Filipina, Vicente Malano, yang mengepalai badan cuaca negara itu, mengatakan kepada The Associated Press pada hari Minggu.

Dari angin berkelanjutan 85 kilometer per jam (53 mph) pada hari Sabtu, Noru adalah topan super hanya 24 jam kemudian dengan angin berkelanjutan 195 kilometer (121 mil per jam) dan hembusan hingga 240 kph (149 mph) pada puncaknya pada hari Minggu malam.

Pada Senin siang, Noru mengalami angin dengan kecepatan 130 kph (81 mph) dan hembusan 160 kph (99 mph) dan bergerak ke barat laut di Laut China Selatan menuju Vietnam, menurut badan cuaca.

Sekitar 20 badai dan topan melanda Filipina setiap tahun. Kepulauan ini juga terletak di “Cincin Api Pasifik”, sebuah wilayah di sepanjang sebagian besar tepi Samudra Pasifik di mana banyak letusan gunung berapi dan gempa bumi terjadi, menjadikan negara Asia Tenggara itu salah satu negara yang paling rawan bencana di dunia.

Pada tahun 2013, Topan Haiyan, salah satu siklon tropis terkuat yang tercatat di dunia, menyebabkan lebih dari 7.300 orang tewas atau hilang, meratakan seluruh desa, menyapu kapal ke daratan dan membuat lebih dari lima juta orang mengungsi di Filipina tengah, jauh di selatan Pulau Noru. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home