Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:18 WIB | Selasa, 18 Mei 2021

Topan Tauktae Melanda India, 127 Orang Hilang

Gelombang tinggi menghantam garis pantai di Mumbai pada hari Senin (17/5), ketika Topan Tauktae, yang membawa angin kencang dan mengancam badai yang merusak, melanda India, mengganggu respons negara itu terhadap wabah COVID-19. (Foto: AFP)

MUMBAI, SATUHARAPAN.COM-Sekitar 127 orang hilang pada hari Selasa (18/5) setelah sebuah kapal yang terapung di lepas pantai Mumbai tenggelam akibat Topan Tauktae, kata angkatan laut India ketika dua kapal dan helikopter dikerahkan untuk membantu pencarian.

Kapal itu membawa 273 orang ketika mulai mengapung pada hari Senin (17/5) ketika angin kencang menghantam pantai barat India, menimbulkan gelombang besar menghantam pantainya dan mengubah jalan menjadi sungai.

Kementerian pertahanan mengatakan 146 orang diselamatkan dari kapal, yang dioperasikan oleh perusahaan minyak milik negara, dengan operasi diperkirakan akan berlanjut sepanjang hari dalam "kondisi laut yang sangat menantang".

Beberapa topan, yang terbesar yang melanda wilayah itu dalam beberapa decade, merenggut nyawa di Kerala, Goa, Maharashtra dan Gujarat ketika angin kencang bertiup dan menyapu rumah-rumah dan menumbangkan pohon serta tiang listrik.

Puluhan ribu orang dievakuasi sementara pihak berwenang di Mumbai memindahkan sekitar 600 pasien COVID-19 di rumah sakit lapangan "ke lokasi yang lebih aman".

Topan Tauktae mendarat di Gujarat hari Senin malam sebagai "badai siklon yang sangat parah" dengan kecepatan angin hingga 185 kilometer per jam, kata Departemen Meteorologi India. Topan itu melemah dan menjadi "badai siklon yang sangat parah" pada Selasa pagi.

Cuaca yang ekstrem itu telah memperburuk tanggapan India terhadap gelombang virus corona yang menewaskan sedikitnya 4.000 orang setiap hari, dan mendorong sistem kesehatan negara itu pada titik yang buruk. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home