Loading...
DUNIA
Penulis: Yoanes Sahala 22:31 WIB | Senin, 24 April 2017

Trump Menelepon Abe dan Jinping Bahas Korut

Presiden AS, Donald Trump di kantor Oval, Gedung Putih, Washington DC. (Foto: dok).

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, kembali menghubungi pemimpin Jepang dan Tiongkok melalui telepon dari Gedung Putih, untuk membicarakan keprihatinan mengenai Korea Utara (Korut).

Pembicaraan telepon selama 30 menit antara Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dimaksudkan untuk meningkatkan tekanan terhadap Pyongyang agar tidak lagi melakukan tindakan provokasi, tetapi bukan karena didorong oleh perubahan keadaan, menurut para pejabat di Tokyo.

“Kami sepakat untuk menekan Korea Utara yang mengulang kembali provokasinya, agar menahan diri,” kata Abe kepada para wartawan di Tokyo hari Senin (24/4).

“Kita akan tetap berkomunikasi erat dengan Amerika Serikat, dengan kewaspadaan tinggi, mengambil tindakan dan tanggapan dengan tegas, ,” tambahnya.

Abe juga mengatakan ia dan Trump sependapat bahwa peran yang lebih besar dalam menghadapi Pyongyang sebaiknya dimainkan oleh Tiongkok.

Selanjutnya Trump melanjutkan pembicaraan terkait Korea Utara dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, menurut kantor berita resmi Xinhua.

Presiden Tiongkok, dalam pembicaraan telepon tersebut, mengatakan ia berharap semua pihak dapat menghindarkan diri dari berbuat apa pun yang dapat memperburuk ketegangan di semenanjung Korea, menurut kantor berita tersebut.

Para pejabat Gedung Putih, hari Minggu (23/4) sebelumnya mengukuhkan kepada VOA, bahwa pembicaraan telepon Abe dan Trump akan dilakukan tetapi mereka tidak memberi keterangan lebih terperinci mengenai hal tersebut.

Para pejabat Amerika telah berkali-kali mengatakan semua pilihan tetap terbuka untuk menangani provokasi lebih jauh oleh Korea Utara.

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home