Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 16:24 WIB | Kamis, 08 Desember 2016

Trump Tunjuk Terry Branstad Jadi Dubes AS untuk Tiongkok

Gubernur Iowa Terry Branstad ditunjuk menjadi duta besar di Beijing. (Foto: 20minutes.fr)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump menunjuk Gubernur Iowa Terry Branstad, yang memiliki hubungan panjang dengan presiden Tiongkok, untuk menjadi duta besar di Beijing, kata seorang juru bicara, hari Rabu (7/12).

Trump mengumumkan pemilihan Branstad -- pendukung awal miliarder Partai Republik tersebut selama kampanye presiden -- di acara penggalangan dana di New York pada Rabu, kata Jason Miller kepada para wartawan.

Tim transisi mengatakan bahwa gubernur itu menerima posisi tersebut, dia dipilih karena pengalamannya dalam kebijakan publik, keahlian terhadap isu-isu perdagangan dan "pemahaman yang luar biasa atas Tiongkok dan warganya."

Branstad memiliki "pengalaman yang cukup tentang kebijakan publik, pemahaman besar terhadap isu-isu perdagangan dan pertanian, dan membuat presiden terpilih tersebut sangat terkesan," kata Miller kepada wartawan.

"Sangat jelas bahwa Gubernur Branstad adalah seseorang yang akan mewakili negara kita dengan baik di panggung dunia dan kami bangga atas penunjukan ini," tambahnya.

Branstad mengenal Presiden Tiongkok Xi Jinping sejak 1985, ketika Xi mengunjungi Iowa sebagai seorang pejabat provinsi, lapor Bloomberg.

Gubernur tersebut sejak saat itu telah mengunjungi Tiongkok beberapa kali dan menjamu Xi makan malam di Des Moines pada 2012, sembilan bulan setelah menjabat sebagai Presiden Tiongkok. (AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home