Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 18:48 WIB | Senin, 13 Februari 2023

Tuduh Salah Kutip, Pemerintah Kamboja Tutup “Radio Voice of Democracy”

Wartawan mengambil foto di ruang redaksi Voice of Democracy, kantor VOD di Phnom Penh, Kamboja, Senin, 13 Februari 2023. Perdana Menteri Kamboja Hun Sen pada hari Minggu, 12 Februari, memerintahkan salah satu dari sedikit penyiar media independen untuk ditutup karena menerbitkan artikel yang katanya sengaja memfitnah putranya sehubungan dengan bantuan negara untuk korban gempa di Turki. (Foto: AP/Heng Sinith)

PHNOM PENH, SATUHARAPAN.COM - Salah satu saluran media gratis terakhir di Kamboja, radio Voice of Democracy, menghentikan operasinya pada Senin (13/2) setelah Perdana Menteri Hun Sen memerintahkan penutupannya karena diduga memfitnah putranya dalam sebuah berita.

Kisah tersebut, yang juga dipublikasikan di situs web VoD, nama stasiun itu lebih dikenal, mengatakan bahwa putra Hun Sen, Letnan Jenderal Hun Manet, telah menandatangani sumbangan atas nama ayahnya sebesar US$ 100.000 untuk bantuan gempa Turki.

Hun Sen mengatakan artikel itu salah menafsirkan fakta dan hanya perdana menteri yang memiliki wewenang untuk membuat keputusan tentang bantuan luar negeri. VoD mengakui telah melakukan kesalahan, tetapi itu tidak memuaskan Hun Sen, yang telah memerintah Kamboja dengan tangan besi selama 38 tahun, di mana dia menindak kritik dan media independen.

Putranya mengepalai tentara dan telah dinominasikan oleh Partai Rakyat Kamboja pimpinan Hun Sen untuk menggantikannya ketika dia mundur. Dengan sebagian besar lawan dibungkam, termasuk satu-satunya partai oposisi yang kredibel, Hun Sen diperkirakan akan memimpin partainya meraih kemenangan lain dalam pemilihan umum yang dijadwalkan akhir tahun ini.

Membungkam Media Kritis

VoD telah melaporkan secara ekstensif tentang isu-isu sensitif seperti perampasan tanah dan geng kriminal yang beroperasi hampir tanpa hukuman untuk melakukan penipuan internet dengan orang-orang, terutama orang asing, yang tertipu untuk bekerja di bawah kondisi perbudakan.

Tindakan keras media sebelumnya telah memaksa beberapa outlet media gulung tikar dengan alasan yang disengketakan bahwa mereka tidak membayar pajak dengan benar.

Kementerian Penerangan Kamboja mengatakan pada hari Senin bahwa izin VoD dicabut “karena telah sangat melanggar etika jurnalisme profesional dan tidak melakukan koreksi sesuai dengan undang-undang pers, yang mempengaruhi kehormatan dan martabat pemerintah.”

Phil Robertson, wakil direktur Human Rights Watch Asia, mengatakan pemerintah Kamboja “tidak pernah menyukai pelaporan VoD, dan mengingat sikap otoriter Perdana Menteri Hun Sen terhadap media independen, kemungkinan VoD telah hidup dengan pinjaman untuk sementara waktu.”

“Tapi itu bukan alasan untuk perintah keterlaluan dan konyol untuk menutup mereka berdasarkan alasan paling konyol tentang siapa yang menandatangani dokumen pemerintah untuk memberikan bantuan kepada Turki. Keputusan yang tipis dan tidak masuk akal ini nyaris tidak menutupi niat sebenarnya pemerintah untuk lebih menekan kebebasan media.”

Dia mengatakan bahwa secara historis, Hun Sen dan partainya biasanya menindak keras setiap suara independen menjelang pemilihan nasional. “Mengejar VoD adalah indikasi bagus bahwa jajak pendapat yang dijadwalkan pada 23 Juli tidak akan bebas dan tidak adil.”

Hun Sen memerintahkan VoD untuk berhenti beroperasi pada pukul 10 pagi hari Senin, dan personel stasiun berada di meja mereka ketika perwakilan dari Balai Kota Phnom Penh dan Kementerian Informasi tiba untuk melayani perintah tersebut. Jalan di luar ditutup sebagai upaya nyata untuk meredam protes jalanan.

Namun, tidak ada konfrontasi karena VoD mengatakan akan menghormati pencabutan lisensi tersebut. Hun Sen telah menyarankan pihak berwenang untuk memberi tahu stasiun ketika tenggat waktu tiba dan tidak mengambil tindakan lebih lanjut.

Setelah pihak berwenang pergi, wartawan lain mengunjungi kantor VoD untuk mendengarkan kekecewaan staf. “Saya tidak dapat membayangkan bahwa perdana menteri akan menutup suara rakyat seperti ini,” kata seorang reporter yang menangis, Khan Leakhena. “VoD hanya turun langsung untuk melaporkan orang-orang yang memiliki sengketa tanah, tetapi kemudian dimanipulasi seolah-olah kami dari oposisi.”

Seorang juru bicara VoD, Sothoeuth Ith, mengatakan setelah menerima perintah penutupan, “Jadi untuk saat ini, kami akan tetap diam, kami tidak akan melanjutkan siaran kami.”

“Mungkin semoga ini bukan akhir dari segalanya,” katanya. Dalam apa yang tampaknya merujuk pada kemungkinan bahwa Hun Sen pada akhirnya dapat memulihkan lisensi VoD, dia menambahkan, "Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk bekerja dengan semua pemangku kepentingan terkait dan semoga solusi dapat diwujudkan."

Kedutaan Besar AS di Kamboja mengatakan "sangat terganggu dengan keputusan mendadak" untuk mencabut lisensi media VoD. "Kami mendesak pihak berwenang Kamboja untuk meninjau kembali keputusan ini," kata kedutaan dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan bahwa stasiun tersebut “telah memberikan pelaporan yang obyektif dan berdasarkan fakta tentang isu-isu yang melayani kepentingan rakyat Kamboja” selama lebih dari 20 tahun. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home