Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 00:49 WIB | Minggu, 27 November 2022

Putin Kecam Media Atas Berita Pertemuannya dengan Para Ibu Tentara

Presiden Rusia, Vladimir Putin, bertemu dengan ibu-ibu personel militer yang bertugas dalam operasi militer khusus menjelang Hari Ibu di kediamannay di Novo-Ogaryovo di luar Moskow, Rusia, Jumat, 25 November 2022. Hari Ibu dirayakan pada hari Minggu terakhir bulan November. (Foto: Alexander Shcherbak, Sputnik, Kremlin/ pool via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada hari Jumat (25/11) mengecam penggambaran media yang tidak tepat tentang kampanye militer Moskow di Ukraina saat dia bertemu dengan ibu-ibu tentara Rusia yang bertempur di sana.

“Hidup lebih sulit dan beragam daripada yang ditayangkan di layar TV atau bahkan di Internet. Ada banyak kepalsuan, kecurangan, kebohongan di sana,” kata Putin.

Pertemuan di Kremlin dengan lebih dari selusin pereempuan terjadi karena ketidakpastian terus berlanjut apakah upaya pendaftaran pasukan cadangan dapat dilanjutkan dalam menghadapi kemunduran medan perang baru-baru ini.

Putin mengatakan bahwa dia terkadang berbicara dengan pasukan secara langsung melalui telepon, menurut transkrip Kremlin dan foto-foto pertemuan tersebut.

“Saya telah berbicara dengan (pasukan) yang mengejutkan saya dengan suasana hati mereka, sikap mereka terhadap masalah tersebut. Mereka tidak mengharapkan panggilan ini dari saya… (telepon) memberi saya banyak alasan untuk mengatakan bahwa mereka adalah pahlawan,” kata Putin.

Beberapa kerabat tentara mengeluh karena tidak diundang ke pertemuan tersebut dan secara langsung mengkritik kepemimpinan Putin serta "mobilisasi parsial" baru-baru ini yang menurut pejabat pertahanan mengakibatkan 300.000 pasukan cadangan dipanggil.

Olga Tsukanova dari Dewan Ibu dan Istri, sebuah gerakan yang dibentuk oleh kerabat tentara yang dimobilisasi, mengatakan dalam pesan video di aplikasi pesan Telegram, pihak berwenang telah mengabaikan pertanyaan dan permintaan dari organisasinya.

 “Kami di sini di Moskow, siap bertemu dengan Anda. Kami menunggu jawaban Anda,” katanya, berbicara langsung kepada Putin.

“Kami memiliki orang-orang di kementerian pertahanan, di kantor kejaksaan militer, orang-orang berkuasa di pemerintahan kepresidenan… dan para ibu di sisi lain. Apakah Anda akan memulai dialog atau akankah Anda bersembunyi?” katanya dalam pesannya.

Laporan yang belum dikonfirmasi oleh beberapa media Rusia menunjukkan bahwa beberapa perempuan yang bertemu dengan Putin pada hari Jumat adalah anggota gerakan sosial pro Kremlin, partai Rusia Bersatu yang berkuasa, atau pejabat lokal yang mendukung pemerintahan Putin.

Valentina Melnikova dari Union of Committees of Soldiers’ Mothers, sebuah organisasi HAM Rusia, mengatakan kepada publikasi independen Verstka awal pekan ini bahwa para anggotanya juga tidak diundang ke pertemuan tersebut.

Sejak Oktober, kerabat tentara yang dimobilisasi telah mengorganisir protes di lebih dari selusin wilayah Rusia, menyerukan pihak berwenang untuk membebaskan kerabat mereka dari tugas garis depan dan memastikan mereka memiliki jatah makanan, tempat tinggal, dan peralatan yang sesuai.

Laporan oleh AP, media independen Rusia, dan aktivis telah menyebutkan bahwa banyak dari pasukan cadangan yang dimobilisasi tidak berpengalaman, diminta untuk membeli sendiri barang-barang dasar seperti peralatan medis dan jaket anti peluru, dan tidak menerima pelatihan yang tepat sebelum ditempatkan. Beberapa dilaporkan tewas dalam beberapa hari tugas.

Kekhawatiran tetap ada di Rusia tentang apakah Kremlin dapat memperbarui upaya mobilisasinya, karena pasukan Ukraina terus menekan serangan balasan di selatan dan timur negara itu. Moskow telah mengalami serangkaian kemunduran medan perang, kehilangan wilayah di Kharkiv timur laut dan wilayah selatan Kherson.

Sementara pejabat Rusia bulan lalu menyatakan "mobilisasi parsial" selesai, para kritikus telah memperingatkan hal itu dapat dilanjutkan setelah kantor pendaftaran militer dibebaskan dari wajib militer dari draft musim gugur tahunan Rusia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home