Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:11 WIB | Kamis, 21 Maret 2024

Tujuh Warga Tewas Akibat Banjir di Kudus, Jawa Tengah

Banjir di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Foto: Ist)

KUDUS, SATUHARAPAN.COM-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa tengah melaporkan tujuh warga meninggal dunia akibat bencana banjir yang terjadi Kabupaten Kudus, sejak Kamis (14/3) yang lalu.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Kudus, Munaji, mengatakan total ada tujuh orang warga Kabupaten Kudus yang meninggal dunia akibat banjir yang terjadi kali ini. “Tenggelam enam dan keseterum saat banjir satu,” katanya, hari Senin (18/3) petang.

Satu orang tenggelam dan terperosok di Persawahan Temulus, tiga orang tenggelam di Persawahan Kirig, satu orang tenggelam di dekat tanggul Sungai dan satu orang terseterum listrik saat berada di sekitar tiang listrik yang tergenang banjir.

“Satu orang tenggelam di Persawahan Dukuh Goleng pada hari ini pukul 16:00, sehingga 7 orang meninggal akibat banjir,” kata Munaji.

Laporan yang dikeluarkan pada Senin (18/3) sore, banjir masih menggenangi lima kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus, antara lain Kecamatan Mejobo, Jati, Undaan, Jekulo dan Kaliwungu. Peristiwa ini berdampak pada 13.586 KK / 39.272 jiwa dan 1.287 KK / 4.188 jiwa di antara mereka mengungsi ke tempat pengungsian dan ke rumah kerabat yang lebih aman. Selain itu 6.523 unit rumah warga dan 2.295 hektar sawah turut terendam banjir.

BPBD Kabupaten Kudus beserta tim gabungan hingga hari ini masih melakuan evakuasi dan monitoring di lokasi terdampak, menyalurkan kebutuhan logistik bagi warga, pendampingan psikososial dan penanganan medis bagi warga yang membutuhkan.

Guna mendukung percepatan penanganan darurat bencana banjir di wilayah Kabupaten Kudus, pada hari Senin (18/3) BNPB member bantuan dana siap pakai sejumlah 250 juta rupiah. Selain itu diberikan dukungan logistik peralatan berupa sembako 500 paket, makanan siap saji 500 paket, biskuit protein 500 pouch, hygiene kit 500 paket, sabun cair 1.008 botol, pompa alkon 10 unit, lampu solar panel dua unit, tenda keluarga 100 unit, tenda pengungsi dua unit, selimut 500 lembar, matras 500 lembar, velbed 100 unit, perahu karet + mesin satu unit, gergaji mesin dua unit, kasur lipat 100 unit, pampers 100 paket dan mobil dapur umum satu unit.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home