Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 21:10 WIB | Sabtu, 11 April 2020

Tulisan Tangan McCartney Lagu "Hey Jude" Laku US$ 910.000

Porter Christie menyesuaikan item yang ditampilkan, dengan halaman langka lirik lagu tulisan tangan (tengah) untuk single terlaris The Beatles "Hey Jude" yang dilelang di Christie's pada 30 April 30, 2002. (Foto: dok. AFP)

CALIFORNIA, SATUHARAPAN.COM-Selembar kertas bertuliskan lirik lagu “Hey Jude” tulisan tangan Paul McCartney dijual seharga US$ 910.000 dalam lelang online yang diadakan hari Jumat (10/4) untuk menandai peringatan 50 tahun perpecahan bersejarah kelompok musik The Beatles.

Dokumen yang ditulis oleh McCartney dan digunakan selama rekaman di London tahun1968 tentang lagu klasik di Trident Studios terjual lebih dari lima kali dari perkiraan pra-penjualan.

Lelang Julien yang berbasis di California, Amerika Serikat, mengalihkan penjualan sekitar 250 memorabilia The Beatles secara online, karena pandemi virus corona, dengan penggemar di seluruh dunia yang menawar gitar, vinil langka, dan barang-barang bertanda tangan.

Hari Jumat itu menandai tepat setengah abad sejak wawancara yang diberikan oleh McCartney menyegel "Fab Four" dengan akhir yang sengit, dari salah satu band yang secara luas dianggap sebagai paling berpengaruh dalam sejarah.

Ditanya apakah dia meramalkan saat ketika kemitraan penulisan lagu yang produktif dengan sesama anggota The Beatle, John Lennon, akan dimulai kembali, jawabannya yang blak-blakan: "Tidak."

McCartney menulis "Hey Jude" setelah perpisahan sebelumnya, perceraian Lennon dari istri pertama, Cynthia, setelah perselingkuhannya dengan artis Jepang, Yoko Ono. Lagu itu ditulis untuk menghibur putra Lennon, Julian, selama perpisahan orangtuanya, dan awalnya berjudul "Hey Jules."

Dokumen tulisan tangan yang dijual pada hari Jumat itu berisi lirik parsial beserta anotasi termasuk kata "break" yang digunakan untuk membantu rekaman lagu.

Barang-barang lainnya yang dijual termasuk drumhead dengan logo Beatles yang digunakan selama pertunjukan tur AS pertama mereka pada tahun 1964. Benda itu dijual seharga US$ 200.000, dan halaman skrip pemotretan tulisan tangan untuk video musik "Halo Goodbye" pada tahun 1967, terjual seharga US$ 83.200.

Sedangkan asbak kuningan yang digunakan oleh Ringo Starr pada rekaman Abbey Road pada 1960-an menghasilkan uang US$ 32.500.(AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home