Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:45 WIB | Sabtu, 10 Juli 2021

Tunisia: Kasus COVID Melonjak, Sistem Kesehatan Kewalahan

Seorang pria menerima vaksin virus corona di pusat vaksinasi di Tunis, Tunisia. (Foto: dok. Reuters)

TUNIS, SATUHARAPAN.COM-Sistem perawatan kesehatan Tunisia runtuh karena wabah virus corona, dengan bagian perawatan intensif penuh dan dokter terbebani oleh kasus baru dan kematian yang cepat, kata kementerian kesehatan, hari Kamis (8/7).

Tunisia mencatat hampir 10.000 kasus virus corona baru dan 134 kematian pada hari Rabu (7/7), rekor harian sejak dimulainya pandemi. Berkembang kekhawatiran bahwa negara itu tidak akan dapat mengendalikan pandemi.

"Kami berada dalam situasi bencana... sistem kesehatan runtuh, kami hanya dapat menemukan tempat tidur di rumah sakit dengan kesulitan besar," kata juru bicara kementerian, Nisaf Ben Alaya.

"Kami berjuang untuk menyediakan oksigen... dokter menderita kelelahan yang belum pernah terjadi sebelumnya," katanya, menambahkan. "Perahu sedang tenggelam" dan menyerukan semua warga Tunisia untuk bersatu dalam upaya memerangi pandemi.

Setelah berhasil menahan virus dalam gelombang pertama tahun lalu, Tunisia bergulat dengan peningkatan infeksi. Negara itu memberlakukan penguncian di beberapa kota sejak pekan lalu, tetapi menolak penguncian nasional penuh karena krisis ekonomi.

Jumlah total kasus telah meningkat menjadi sekitar 465.000 orang dan lebih dari 15.700 pasien meninggal akibat COVID-19. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home