Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:38 WIB | Kamis, 20 Agustus 2015

Turki-AS Kerja Sama Basmi ISIS di Suriah

Sebuah pesawat tempur Angkatan Udara Turki yang bermuatan misil lepas landsas dari Incirlik Air Base, di pinggiran kota Adana, Turki tenggara pada 28 Juli 2015. (Foto: Dok. satuharapan.com/AFP)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM – Turki dan Amerika Serikat telah sepakat untuk membersihkan wilayah di antara dua kota Suriah dengan perbatasan Turki dari Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sebelum menyerahkan wilayah itu ke Tentara Pembebasan Suriah (FSA).

Menurut rincian kesepakatan yang dilaporkan oleh harian Hürriyet pada Kamis (20/8), kedua negara telah menandatangani nota kesepahaman dan berencana akan melakukan operasi militer. Selain itu mereka juga sedang berada di bawah koalisi anti-ISIS yang dipimpin oleh AS.

Sebagai bagian dari rencana yang ada, jet AS berangkat dari pangkalan militer Incirlik yang dekat dengan perbatasan telah memukul mundur ISIS.

Berdasarkan rencana yang baru, jet tempur Turki akan bergabung dalam serangan udara sebagai bagian rencana pemusnahan antara wilayah Suriah dan Jarablus Marea. Kedua negara juga akan menarik pasukan oposisi lokal di wilayah tersebut selama fase ini.

Rencana itu juga mencakup pengiriman relawan pengungsi di Turki ke kamp-kamp yang akan dibangun di zona yang telah ditentukan setelah dibersihkan dari pasukan ISIS.

Kedua Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden AS, Barack Obama, menandatangani MoU, yang menghindari penyebutan Partai Uni Demokratik Suriah (PYD), yang telah membantu tentara militer, Unit Perlindungan Rakyat (YPG), telah juga berjuang melawan ISIS. Namun, kedua negara telah secara lisan setuju untuk tidak mengizinkan PYD untuk memasuki sisi barat sungai Efrat dan mencegah kelompok dan pasukan Presiden Bashar al-Assad untuk mengisi area yang dikosongkan oleh ISIS.

Turki menyatakan ke AS bahwa tindakan itu akan memukul mundur PYD jika melewati garis yang ditarik dari sungai, bahkan Turki tidak menjadi target.

Ankara tidak menyukai PYD karena hubungannya dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang telah mengintensifkan serangan balasan terhadap sasaran-sasaran militer Turki di dalam negeri, yang mengakibatkan hilangnya kehidupan di kedua sisi.

AS telah memperingatkan PYD tentang sikap Turki di jalur merah.

Rincian praktis dari MoU akan dimasukkan dalam rencana operasi militer antara kedua negara.

Rencana tersebut juga akan mencakup pesawat AS yang akan berlokasi di tiga provinsi lainnya, Batman, Diyarbakır dan Malatya, selain Incirlik di provinsi selatan Adana.

Para pejabat telah mengumumkan bahwa 26 jet pasukan angkatan udara AS dari 480 Armada, empat kendaraan udara nirawak bersenjata dan beberapa jet pengawas akan ditempatkan di Turki.

Dalam lingkup rencana, sistem pertahanan udara dengan kapasitas lebih besar dari AS Patriots, akan dihapus dari Turki, dan Jerman Patriots, yang telah dihapus, akan mendirikan basis seperti yang disebutkan di atas.

Sementara itu, Hurriyet melaporkan bahwa keputusan AS untuk menghapus Patriots dari Turki muncul selama perundingan antara Washington dan Ankara membuka pangkalan Incirlik untuk serangan yang dipimpin AS terhadap ISIS. Sumber mengatakan Panglima Tertinggi Sekutu Eropa (SACEUR), salah satu dari dua komandan strategis NATO, telah melaporkan bahwa sistem rudal Suriah tidak memerlukan pertahanan Patriot.

Para pejabat mengatakan kepada Hurriyet bahwa mantan panglima militer Turki Necdet Özel, yang menyerahkan kendali Angkatan Bersenjata untuk Jenderal Hulusi Akar pada 19 Agustus, juga dianggap Patriots sebagai hal yang tidak perlu. (hurriyetdailynews.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home