Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 06:26 WIB | Rabu, 14 September 2016

Turki Minta Washington Tahan Fethullah Gulen

Polisi Turki berjaga saat aksi unjuk rasa di Diyarbarkir, 9 September 2016. Lebih dari 11.000 guru diberhentikan atas dugaan memiliki hubungan dengan organisasi terlarang, Partai Pekerja Kurdistan (PKK), sepekan sebelum dimulainya kegiatan belajar-mengajar. (Foto: AFP)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM - Turki meminta Washington untuk menangkap ulama yang berbasis di Amerika Serikat (AS) Fethullah Gulen karena "memerintahkan" kudeta pada 15 Juli yang bertujuan menggulingkan pemerintahan negara tersebut, lapor media pemerintah pada hari Selasa (13/9).

Kementerian kehakiman menuntut pemerintah AS menangkap ulama tersebut atas tuduhan "memerintahkan dan memimpin usaha kudeta," lapor kantor berita Anadolu.

Ini adalah pertama kalinya Turki secara resmi meminta Washington untuk menangkap Gulen, yang saat ini tinggal di pengasingan di Pennsylvania, kata lembaga tersebut.

Ankara beberapa kali meminta pemerintah AS untuk mengekstradisi Gulen, mengirimi mereka beberapa dokumen yang diduga sebagai bukti keterlibatannya dalam kudeta tersebut.

Sebelumnya pada bulan lalu, pengadilan Istanbul mengeluarkan sebuah surat formal perintah penangkapan untuk Gulen, yang membantah telah terlibat dalam kudeta gagal tersebut. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home