Loading...
SAINS
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 15:27 WIB | Sabtu, 05 November 2016

UGM Kembangkan Website Antikorupsi Pertama di Dunia

Universitas Gadjah Mada (UGM). (Foto: wikipedia)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan www.cegahkorupsi.wg.ugm.ac.id sebagai website antikorupsi pertama di dunia. Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi dan menekan praktik korupsi di berbagai aspek kehidupan masyarakat.

"Website ini menjadi yang pertama kali dan satu-satunya di dunia, dalam hal peran serta dunia akademis untuk menekan dan mengendalikan praktik korupsi," kata pendiri website antikorupsi UGM, Rimawan Pradiptyo, saat ditemui di Kampus Program Doktor Studi Kebijakan UGM, Yogyakarta, hari Jumat (4/11).

Ia mengatakan, website tersebut berisi beberapa hal penting yang sangat terkait dengan upaya-upaya aktif dalam pencegahan praktik korupsi. Di antaranya adalah, fakta korupsi, berita tentang hal terkait korupsi, peta korupsi yang terjadi di tingkat provinsi, dan kabupaten/kota.

Ia menerangkan, selain itu juga ada publikasi tentang pemahaman dan edukasi bagi masyarakat untuk melihat praktik korupsi dari perspektif yang benar dan komprehensif serta berbagai regulasi terkait korupsi yang terjadi di Indonesia.

Menurutnya, berbagai informasi yang disajikan dalam website itu, diungkap dari perspektif akademis yang melalui kajian terlebih dahulu.

"Sehingga bukan merupakan data asal jadi, tetapi bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah," tutur Rimawan yang juga Narasumber Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam itu.

Intinya, ia berharap mampu berkontribusi bagi pencegahan dan pemberantasan praktik korupsi melalui pemberian informasi yang edukatif bagi masyarakat luas.

"Belum ada website di negara manapun yang seperti ini. Itu artinya, kita serius dalam upaya memberantas korupsi," katanya. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home